Sukses

Kebakaran di Lokasi Olimpiade 2018 Kian Meluas, Korea Selatan Darurat Bencana

Seoul mendeklarasikan status darurat bencana nasional karena embusan angin kencang kian membakar hutan.

Liputan6.com, Seoul - Kebakaran hutan raksasa melanda sejumlah wilayah di Korea Selatan pada hari Jumat. Hal itu memicu pihak berwenang menyatakan bencana nasional yang langka.

Seperti dikutip dari Channel News, Jumat (5/4/2019), sekitar 900 mobil pemadam kebakaran dan puluhan ribu personel dikerahkan untuk mengendalikan kobaran api yang dahsyat di lokasi tuan rumah Olimpiade 2018 Korea Selatan.

"Lebih dari 870 mobil pemadam kebakaran dan sekitar 10.000 personel darurat dikirim untuk melawan kobaran api," kata Badan Pemadam Kebakaran Nasional.

Militer mengirim 32 helikopter, bersama dengan mobil pemadamnya sendiri dan 16.500 tentara, untuk membantu.

Gambar-gambar di televisi dan media sosial menunjukkan dinding api menerangi malam, sejumlah bangunan dilahap api, dan awan asap mengepul di sisi bukit pada siang hari.

Kebakaran mulai berkobar pada Kamis 4 April 2019 malam di sepanjang jalan di Kota Goseong, di ujung timur laut negara itu dan hanya sekitar 45 kilometer (28 mil) dari perbatasan dengan Korut yang bersenjata nuklir.

Menurut pemerintah setempat, akibat embusan angin kencang, kobaran api dengan cepat menyebar melalui daerah pegunungan, membakar 400 rumah dan 500 hektar tanah.

Hampir 4.000 orang dievakuasi akibat kebakaran dahsyat itu. Sebanyak dua orang dilaporkan tewas --sejumlah media menyebut korban meninggal dunia hanya seorang, sementara 11 lainnya terluka.

"Untungnya, kebakaran utama telah dikendalikan," kata Gubernur Provinsi Choi Moon-segera dalam wawancara radio dengan YTN, tetapi menambahkan bahwa yang lain masih terbakar.

Pemerintah pusat mendeklarasikan keadaan bencana nasional, memberikan hak bantuan khusus termasuk barang dan peralatan kepada daerah-daerah yang terkena dampak serta melarang masuk ke zona berbahaya.

Seoul terakhir kali membuat deklarasi seperti itu pada 2007, ketika seorang pembawa minyak mentah membocorkan ribuan ton minyak ke laut lepas pantai barat.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan kepada para pejabat untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk memerangi inferno, dan untuk berhubungan dengan pihak berwenang Korea Utara jika api mendekati perbatasan, kata kantor kepresidenan.

 

Saksikan juga video berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan Darurat

Sebelumnya, menurut Kapten di Markas Pemadam Kebakaran Gangwon, Choi Jin-ho, seperti dikutip dari Associated Press, Jumat 5 April 2019, hampir 2.400 orang di Goseong dan sekitar 1.250 lainnya di Kota Sokcho telah dievakuasi akibat kebakaran besar di Korea Selatan itu. Dia mengatakan seorang pria 60 tahun dan seorang wanita berusia 70-an meninggal.

Kantor Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan dia mengadakan pertemuan darurat terkait kebakaran Jumat pagi. Ia meminta pejabat untuk mengerahkan semua sumber daya yang tersedia.

Moon menginstruksikan para pejabat untuk secara agresif memberi informasi dan mengevakuasi penduduk dan juga berkonsultasi dengan Korea Utara untuk memerangi api jika itu menyebar ke utara perbatasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.