Ini Alasan Indonesia Menduduki Posisi ke-6 Negara Terindah di Dunia

Oleh Afra Augesti pada 04 Apr 2019, 12:36 WIB
Gunung Agung

Liputan6.com, Jakarta - Kepulauan yang ada Indonesia tersebar lebih dari 5.200 km antara daratan Asia dan Australia, semuanya berada di daerah tropis karena letak Indonesia yang berada di Garis Khatulistiwa.

Jumlah pulau di Tanah Air, menurut data Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2004, adalah sebanyak 17.504 buah --7.870 di antaranya telah mempunyai nama, sedangkan 9.634 belum memiliki nama.

Keragaman etnis, budaya, dan linguistiknya, membuat Indonesia menjadi negara yang cukup dipandang di mata wisatawan mancanegara --lebih dari 500 bahasa dan dialek digunakan oleh 264 juta penduduknya (sensus Bank Dunia tahun 2017).

Selain keanekaragaman tersebut, hal menarik lain yang jadi daya tarik turis asing adalah geografis Indonesia yang menyajikan pemandangan alam yang indah, mulai dari banyak gunung berapi, hutan, sawah, peninggalan kuno atau bersejarah, warisan dunia, hingga pantai-pantai yang memiliki air jernih.

Karena faktor alam inilah, Indonesia pernah dinobatkan sebagai negara terindah di dunia versi situs web pemandu perjalanan asal London, Inggris: Rough Guides. Bahkan dalam laman tersebut, negara ini masuk dalam urutan ke-6.

Menurut hasil pemungutan suara yang diajukan oleh pembaca Rough Guides, Indonesia dikenal lantaran punya 'segudang' pulau dan gunung berapi yang membentang melintasi wilayahnya yang luas. Indonesia juga disebut kaya akan warisan budaya dari kelompok etnis yang menghuni seluruh pulau-pulaunya.

Dalam proses voting, Indonesia mengalahkan dua negara Asia lainnya yang dipilih oleh pembaca Rough Guides, yakni India dan Vietnam yang masing-masing ada di peringkat 13 dan 20.

Sementara itu, Skotlandia berada di puncak daftar negara paling indah di dunia, diikuti oleh Kanada, Selandia Baru, Italia dan Afrika Selatan dari total 20 negara yang disurvei.

Dalam keterangannya, Rough Guides menuliskan bahwa Indonesia memiliki keragaman etnis, budaya dan bahasa yang sangat kental.

"Negara tropis di Garis Khatulistiwa antara benua Asia dan Australia, memiliki luas hampir 2 juta km persegi, ada lebih dari 17.000 pulau dan dihuni oleh lebih dari 250 juta penduduk yang berbicara lebih dari 500 bahasa dan dialek berbeda," tulis situs tersebut, yang dikutip pada Kamis (4/4/2019).

"Sifat sebagian besar gunung berapi di pulau-pulau yang ada di Indonesia telah menciptakan pemandangan menakjuban, gunung-gunung yang menjulang tinggi tersapu awan yang terbungkus hijau sawah atau hutan hujan, kemudian ada pantai yang airnya sangat jernih dan laut biru yang cerah, dengan latar belakang hutan belantara terbesar di Asia Tenggara dan suaka margasatwa," lanjut pernyataan tersebut.

Berkat kondisi geografisnya, kata Rough Guides, Indonesia mampu menyediakan sumber daya yang tak ada habisnya untuk trekking, selancar, dan menyelam (scuba diving).

Indonesia juga mendapatkan penghargaan bergengsi dari majalah selam terkemuka untuk situs selamnya yang memiliki fitur-fitur khas.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 of 2

Negara dengan Keindahan Alam yang Alami

Raja Ampat
Hamparan lautan biru nan jernih di Pulau Wayag Raja Ampat, Papua Barat. Pulau ini menjadi salah satu ikon Raja Ampat dan tempat favorit para turis untuk berfoto-foto. (Liputan6.com/Zulfi Suhendra)

Tahun 2017, World Economic Forum (WEF) pernah mengadakan survei terhadap 136 negara yang ada Bumi. Dari jumlah tersebut, WEF akan menentukan peringkat suatu negara berdasarkan sumber daya alamnya, untuk kemudian dilaporkan pada  "2017 Travel & Tourism Competitiveness Report."

Jadi, apa yang membuat suatu negara secara kuantitatif menjadi yang paling cantik secara natural? Laporan tersebut mempertimbangkan beberapa faktor, termasuk jumlah situs alam Warisan Dunia, jumlah total spesies yang diketahui dan kawasan lindung, serta permintaan digitalisasi pariwisata alamnya.

"Tentu saja, WEF juga melihat daya tarik aset alam negara itu. Situs-situs Warisan Dunia diakui karena memiliki nilai universal yang luar biasa. Permintaan digitalisasi pariwisata alam, mengukur berapa banyak pencarian yang terkait dengan negara itu dan kata-kata kunci tertentu, termasuk 'pantai', 'mengamati satwa liar' dan 'menyelam'," tulie WEF melalui situs Travel and Leisure.

Indonesia masuk dalam 15 besar dan menempati urutan ke-14 sebagai negara dengan keindahan alam yang masih asri.

Logis saja untuk mengatakan bahwa Indonesia merupakan rumah bagi satu-satunya populasi Komodo di dunia - kadal raksasa dan agresif. Taman Nasional Komodo terletak di pulau yang punya gunung vulkanik aktif, tempat 5.700 kadal purba ini hidup. Tentu saja, Indonesia adalah serangkaian pulau, sehingga memiliki banyak hal untuk ditawarkan juga, dari pantai di Bali hingga hutan hujan di Sulawesi.
Lanjutkan Membaca ↓