Sukses

Fakta dan Mitos Unik Perayaan April Mop di 4 Negara, Iran Salah Satunya

Berikut adalah fakta dan mitos terkait April Mop di empat negara di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - April Mop adalah salah satu tradisi memberikan lelucon atau tipuan, yang dirayakan pada tanggal 1 April setiap tahunnya. Ternyata April Mop ini berawal dari dunia Barat, di mana tanggal itu adalah momentum beralihnya kalender Julian ke Gregorian pada tahun 1500an.

Dalam kalender Julian, tahun baru dimulai pada 1 April, dan mereka yang tidak menyadari pergantian tahun itu akan diejek sebagai orang bodoh bulan April. Mengingat bodoh sendiri berarti "fools", maka tak heran momentum itu disebut sebagai April Fools.

Terlepas dari sejarahnya, April Mop saat ini telah dirayakan di banyak negara. Berikut informasinya, sebagaimana dikutip dari Afar.com pada Selasa (2/4/2019).

 

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Iran

Hari ke-13 dari Tahun Baru Persia, selalu jatuh pada 1 atau 2 April. Pada hari itu, Iran merayakan Sidzah-Bedar atau Hari Alam, yang juga bertepatan dengan hari terakhir festival tahun baru.

Biasanya, pada tanggal itu, masyarakat Iran akan pergi berpiknik dengan teman-teman dan melemparkan sayuran hijau ke dalam genangan air untuk menangkal nasib buruk.

Meskipun tidak berhubungan secara langsung dengan APril Mop di Barat, momentum itu dianggap sebagai hari prank juga yang dibungkus nama berbeda, yakni "kebohongan ketiga belas".

3 dari 5 halaman

2. Belanda

Di Belanda, terdapat tradisi unik untuk merayakan April Mop. Pada 1 April, warga Negeri Tulip itu akan mengatakan " 1 April, kikker di je bil, mati er nooit meer uit wil," kepada teman atau keluarga yang menjadi korban.

Ternyata, kalimat itu memiliki arti "1 April, terdapat katak di pantatmu, yang tidak pernah mau keluar lagi."

4 dari 5 halaman

3. Inggris

Jika Anda hendak merayakan April Mop di Inggris, maka pastikan bahwa anda membuat lelucon atau tipuan sebelum siang hari. Pasalnya, jika Anda melontarkan lelucon setelah siang hari, justru Anda yang disebut sebagai bodoh (fool). Adapun korban April Mop sebelum siang hari, akan disebut sebagai "noodle" atau secara literal berarti "mi".

5 dari 5 halaman

4. Yunani

Jika Anda merayakan April Mop di Belanda, maka Anda mendapatkan pengalaman yang berbeda. Jika seseorang berhasil Anda kelabui, konon keberuntungan akan berpihak pada Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.