Sukses

Dianggap Sihir, Novel Harry Potter hingga Payung Hello Kitty Dibakar di Polandia

Para pendeta Katolik di Polandia membakar buku-buku yang mereka katakan mempromosikan sihir, termasuk salah satu novel Harry Potter karya JK Rowling.

Liputan6.com, Koszalin - Para pendeta Katolik di Polandia membakar buku-buku yang mereka katakan mempromosikan sihir, termasuk salah satu novel Harry Potter karya JK Rowling, dalam sebuah upacara yang mereka foto dan unggah di Facebook.

Tiga imam di Kota Koszalin utara, Polandia digambarkan membawa buku-buku dalam keranjang besar dari dalam gereja ke pekarangan.

Buku-buku dibakar ketika doa-doa dipanjatkan dan sekelompok kecil orang menonton. Topeng, berbagai pernak-pernik, dan payung Hello Kitty juga terlihat dibakar, demikian seperti dikutip dari the Guardian, Selasa (2/4/2019).

Yayasan penginjilan Katolik, SMS From Heaven Foundation, memposting foto-foto itu ke halaman Facebook-nya, Fundacja SMS Z NIEBA yang memiliki 22.000 pengikut, disertai dengan emoji berapi-api dan kutipan Perjanjian Lama yang mengutuk sihir dan penyembahan berhala.

Aksi itu memancing ejekan dari pengguna Facebook, banyak dari mereka meninggalkan komentar mempertanyakan kewarasan mereka yang terlibat, atau membuat perbandingan dengan Nazi Jerman.

Gereja Katolik adalah kekuatan yang kuat untuk konservatisme dalam masyarakat Polandia, dan telah berada di garis depan perdebatan di masyarakat Polandia tentang hak-hak LGBT dan peraturan aborsi, membentuk bagian dari perang budaya yang lebih luas yang melibatkan pemerintah populis negara sayap kanan dan oposisi yang lebih liberal.

Gereja juga bergumul dengan jatuhnya tuduhan pedofilia terhadap ratusan imam, yang telah menggoyah posisinya di struktur masyarakat.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Kali Pertama

Ini bukan kesempatan pertama di mana seri Harry Potter yang sangat populer telah menarik kemarahan para fanatik agama, beberapa di antaranya percaya buku-buku itu diinspirasi oleh roh-roh jahat dan dapat menyesatkan anak-anak.

Selain di Polandia, aksi yang mendiskreditkan karya JK Rowling itu juga dilakukan di Rusia.

Kids Against The Sorcerers, sebuah film kartun 2016 yang dipromosikan oleh sejumlah lembaga pemerintah Rusia, menampilkan plot barat jahat yang didukung oleh NATO dan Harry Potter untuk menumbangkan dan merusak anak-anak sekolah Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.