Selain Wanita Kaya Rusia, Ini 4 Pesohor yang Tewas Akibat Kecelakaan Pesawat Pribadi

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 01 Apr 2019, 12:03 WIB
Diperbarui 01 Apr 2019, 12:03 WIB
Ilustrasi Kecelakaan Pesawat

Liputan6.com, Moskow - Natalia Fileva, chairwoman dan co-owner maskapai terbesar kedua di Rusia, tewas saat pesawat pribadi yang dia tumpangi mengalami kecelakaan.

Pesawat itu jatuh di Frankfurt, Jerman pada Minggu, 1 April 2018. Fileva merupakan pemegang saham utama S7 Airlines, anggota aliansi maskapai penerbangan global Oneworld, demikian dikutip dari laman Guardian.

Selain Fileva, penumpang lain yang diyakini sebagai pilot juga tewas dalam kecelakaan pesawat pribadi tersebut.

Insiden mematikan semacam ini memang sulit diantisipasi. Bahkan, sejumlah tokoh terkenal seperti selebritas hingga sosialitas juga jadi korban tewas dalam kecelakaan pesawat.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Senin (1/4/2019), berikut 4 pesohor yang dilaporkan tewas dalam kecelakaan pesawat:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 5 halaman

1. Sosialita Turki

Sosok Mina Basaran, Sosialita Turki Korban Kecelakaan Pesawat di Iran
Sosialita Turki, Mina Basaran berpose bersama teman-temannya. Dalam kecelakaan di Iran, Mina bersama tujuh rekan dan tiga awak jet pribadinya tewas. (Instagram/@minabasaran)

Sebuah jet pribadi yang mengangkut delapan penumpang dan tiga kru pesawat mengalami kecelakaan di Iran. Menurut pejabat Kementerian Transportasi Turki, pesawat tersebut merupakan milik konglomerat perusahaan swasta Turki, Huseyin Basaran.

Diketahui salah satu penumpang jet tersebut adalah Mina Basaran, anak Huseyin Basaran, dan ketujuh temannya. Kecelakaan tersebut terjadi setelah sosialita asal Turki itu pulang usai pesta melepas masa lajang di Dubai, Uni Emirat Arab.

Dikutip dari South China Morning Post, Senin (12/3/2018), perempuan berusia 28 tahun yang masuk ke dalam jajaran penerus bisnis milik ayahnya itu, rencananya akan menggelar pernikahan pada April 2018.

Dalam akun Instagram miliknya, Mina mengunggah sejumlah kegiatan selama menggelar pesta lajang atau bachelorette party selama di Dubai.

Huseyin Basaran merupakan mantan wakil ketua klub sepak bola Trabzonspor. Ia adalah pemilik sejumlah bisnis di Turki, mulai dari yacht hingga energi.

Salah satu perusahaannya menjadi pemegang saham terbesar di Bahrain Middle East Bank BSC. Salah satu proyek konstruksinya termasuk sejumlah blok apartemen mewah di Istanbul, yang diberi nama 'Mina Towers', dinamai dengan nama anaknya.

3 dari 5 halaman

2. Aaliyah

Aaliyah
Beberapa artis Hollywood ini meninggal dunia akibat kecelakaan tragis yang menimpanya. Siapa saja mereka? (Ap files)

Aaliyah Dana Haughton atau populer degan nama Aaliyah merupakan seorang penyanyi dan aktris berkebangsaan Amerika Serikat. Dia pernah meraih penghargaan Grammy untuk karya yang telah ia buat.

Sejumlah karya berhasil mencuri perhatian para penikmat musik. Sebut saja lagu Back & Forth, One In A Million, If Your Girl Only Knew dan masih banyak lagi lagu-lagu hebat lainnya.

Pada 2001, ia meninggal dalam kecelakaan pesawat di Bahama setelah syuting video untuk lagu Rock The Boat.

4 dari 5 halaman

3. John F. Kennedy Jr

John F. Kennedy Jr (Stephan Savoia/AP Photo)
John F. Kennedy Jr (Stephan Savoia/AP Photo)

John F. Kennedy Jr anak laki-laki pertama dan tertua dari mantan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy dan ibunya Jacqueline "Jackie" Lee.

Pada 16 Juli 1999, Kennedy Jr memiloti sebuah Piper Saratoga II HP yang juga membawa istri dan anaknya untuk menghadiri pernikahan sepupunya, Rory Kennedy.

Tiba-tiba pesawat yang ia bawa hilang dari radar. Lebih dari 15 jam sehari pencarian dilakukan untuk menemukan pesawat mereka. pencarian itu berakhir pada 21 Juli 1999, ketika tiga jenazah ditemukan dari dasar laut oleh para penyelam US Navy.

 

5 dari 5 halaman

4. John Denver

John Denver (Wikipedia/Public Domain)
John Denver (Wikipedia/Public Domain)

John Denver adalah penyanyi, pencipta lagu, dan aktivis politik Amerika Serikat yang membawakan lagu-lagu berirama country dan folk rock. Lirik lagu di awal kariernya sering berisi protes tentang keadilan sosial yang kerap terjadi.

Sejumlah lagunya yang terkenal seperti Take Me Home, Country Roads hingga Rocky Mountain High. Berkat kesuksesannya ini, sejumlah lagunya pernah masuk dalam Billboard Hot 100.

John Denver tewas pada 12 Oktober 1997 setelah pesawat bermesin tunggal yang dikemudikannya jatuh di lepas pantai Pacific Grove, California, tidak lama setelah lepas landas dari Bandar Udara Monterey Peninsula.

 

Lanjutkan Membaca ↓