Terkuak, Misteri 35 Tahun Serpihan Telepon Kucing Garfield di Pesisir Prancis

Oleh Happy Ferdian Syah Utomo pada 30 Mar 2019, 18:03 WIB
Diperbarui 31 Mar 2019, 11:15 WIB
Serpihan telepon kucing Garfield menghantui pesisirbar barat laut Prancis selama 35 tahun (AFP/Fred Tanneau)

Liputan6.com, Britanny - Selama 35 tahun, serpihan-serpihan perangkat telepon berbentuk karakter kucing Garfield terdampar hampir setiap hari di sekitar Pantai Iroise yang indah di Brittany, Prancis.

Tidak ada yang tahu mengapa atau dari mana serpihan tersebut berasal, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Sabtu (30/3/2019).

Hari demi hari, penduduk setempat membersihkan serpihan misterius di sepanjang pantai Atlantik di Provinsi Finistère, yang mayoritas berupa potongan benda plastik berwarna oranye terang.

Terkadang serpihan itu berupa potongan wajah kucing Garfield yang menyeringai, atau gagang telepon berbentuk batang plastik tebal berwarna oranye, yang menggambarkan karakter kucing Garfield tanpa kepala, lengkap dengan kabel keriting, serangkaian tombol, dan colokan.

Kini, misteri yang dijuluki les téléphones Garfield oleh masyarakat setempat, berhasil dipecahkan oleh sukarelawan dari kelompok lingkungan Ar Viltansou.

Seperti kecurigaan banyak pihak, serpihan tersebut berasal dari kontainer yang hilang ketika sebuah kapal kargo dihantam badai pada 1983 silam.

Setelah salah seorang petani lokal ingat momen pasca-hantaman badai tersebut, dia menunjukkan di mana lokasi serpihan telepon kucing Garfield itu kepada pemimpin kelompok Ar Viltansou.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

2 of 2

Terdampar di Gua Terpencil

UK tsunami (1)
Ilustrasi ombak raksasa. (Sumber iStock)

Bos kelompok itu, Claire Simonin-Le Meur, kemudian menelusuri lokasi terkait, dan menemukan sebuah gua terpencil yang terletak jauh di tebing pantai Plouarzel. Titik tersebut hanya dapat diakses ketika air laut surut.

"Kami menemukan gua yang luar biasa ini, dengan kedalaman sekitar 30 meter, dan menjadi labuhan terakhir kontainer berisi ratusan telepon Garfield," ujar Simonin-Le Meur kepada Euronews.

Fabien Boileau, Direktur Taman Laut Alami Iroise, juga mengunjungi gua itu, tetapi mengatakan bahwa misterinya hanya terpecahkan sebagian.

"Kami tidak tahu apa yang terjadi pada saat itu, dari mana asalnya, apa kapal itu atau jika satu atau beberapa kontainer jatuh di laut," kata Boileau.

Garfield, kucing kartun yang pemalas namun menggemaskan, diciptakan sebagai komik strip pada 1978 oleh Jim Davis, seorang kartunis asal Amerika Serikat.

Sejak itu, popularitas Garfield meluas menjadi serial televisi dan film.

Meski telah ditemukan, namun sebagian besar kontainer itu tetap terkubur lumpur, sehingga tidak diketahui berapa banyak telepon Garfield yang tersisa di dalamnya.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait