Sukses

Mendadak Berubah Warna Jadi Pink, Danau di Melbourne Ini Diserbu Turis

Sebuah danau di Melbourne jadi serbuan turis karena mendadak berubah warna menjadi merah muda.

Liputan6.com, Melbourne - Beberapa pekan terakhir, warga Kota Melbourne, Australia, tengah dihebohkan dengan fenomena alam unik berupa kemunculan "danau pink". Air di kolam garam Westgate Park berubah menjadi merah muda akibat meningkatnya kandungan alga yang menghasilkan pigmen warna terkait.

Fenomena ini mungkin terlihat seperti latar belakang swafoto yang sempurna, tetapi penjaga hutan di Melbourne telah memperingatkan wisatawan agar tidak berenang di danau merah muda itu, karena risiko infeksi mineral, demikian sebagaimana dikutip dari News.com.au pada Jumat (29/3/2019).

Objek wisata terbaru di Melbourne itu membuat para muda-mudi setempat berbondong-bondong datang untuk mengambil foto, dan bahkan memicu keriuhan yang mendorong penjagaan khusus oleh pihak keamanan.

Danau di Westgate Park sendiri awalnya merupakan kolam garam buatan manusia, yang dibuat untuk menggantikan ladang garam asli setempat.

Meningkatnya kandungan mineral akibat suhu udara yang naik, serta rendahnya curah hujan, menyebabkan ganggang tumbuh di danau tersebut, dan menghasilkan pigmen merah dalam ukuran masif.

Pigmen ini disebut beta karoten dan diproduksi sebagai bagian dari proses fotosintesis mereka.

Danau yang berlokasi tepat di samping jalan layan West Gate itu berubah warna menjadi merah muda sejak pekan lalu, dan diperkirakan akan tetap seperti itu hingga musim gugur, yang jatuh pada pertengahan April.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengunjung Tidak Boleh Bersentuhan dengan Air Merah Muda

Meskipun ganggang merah tidak berbahaya bagi satwa liar setempat, namun para pengunjung telah diperingatkan untuk tidak bersentuhan dengan air danau.

Otoritas pertamananan negara bagian Victoria telah memperingatkan orang-orang yang ingin mengambil fot, untuk menjauh dari tepi danau.

"Alga yang tumbuh di kerak garam di dasar danau menghasilkan pigmen merah (beta karoten) sebagai bagian dari proses fotosintesisnya, dan itu juga sebagai respons terhadap kadar garam yang sangat tinggi," ujar Phil Pegler, manajer perencanaan konservasi negara bagian Victoria, lapor surat kabar Herald Sun.

"Pengunjung sebaiknya menghindari kontak dengan air danau karena sangat asin, sehingga dapat menyebabkan iritasi kulit," lanjutnya memperingatkan.

Warna merah muda pada danau Westgate Park dapat pula ditemukan di beberapa tempat lainnya di Australia dan seluruh dunia.

Danau Crosbie yang terletak di barat laut negara bagian Victoria, dan beberapa kolam alami di Taman Nasional Murray Sunset, adalah contoh lain tentang fenomena serupa.

Meski begitu, tidak ada yang terjadi rutin seperti di Daun Hillier di negara bagian Western Australua, yang airnya selalu berubah warna menjadi merah muda selama musim panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.