Sukses

4 Lomba Makan Berujung Kematian, Salah Satunya Ada di Indonesia

Acara yang sebetulnya dikemas untuk menghibur, malah jadi petaka. Para peserta memaksakan untuk menghabisi makanan. Ini kisahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi berbau hiburan biasanya bersifat menyenangkan dan menghibur. Namun apa jadinya jika lomba makan yang diadakan justru berujung pada kematian?

Hal ini beberapa kali pernah terjadi. Acara yang sebetulnya dikemas untuk menghibur, malah jadi petaka. Para peserta memaksakan untuk menghabisi makanan dan berujung sakit hingga kehilangan nyawa.

Mereka putar otak, bagaimana caranya menghabiskan banyak makanan dalam kurun waktu yang tak masuk akal. Akibatnya, saluran pernapasan tersumbat dan menyebabkan kematian.

Bahkan, lomba makan berujung maut ini pernah terjadi di Indonesia beberapa tahun lalu. Seperti dikutip dari laman therichest.com, Kamis (28/3/2019), berikut 4 lomba makan berujung maut:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Lomba Makan KFC

Pada Mei 2016, KFC mensponsori kontes makan ayam yang diadakan secara serentak di 239 outlet KFC di Jawa dan Bali.

Kontes diadakan dengan sistem eliminasi, pemenangnya pada tingkat final akan memperebutkan uang senilai Rp 5 Miliar.

Peserta pada babak penyisihan harus makan tiga sayap ayam dalam waktu kurang dari lima menit. Fredy Jayadi, (54), adalah salah satu kontestan dalam kontes makan yang diadakan di KFC di Jakarta Barat.

Setelah dia memakan sayap ayam ketiga, Jayadi mulai tersedak. Segelas airpun tak mampu menyelamatkannya. Karyawan restoran dengan cepat membawanya ke rumah sakit. Tetapi, Jayadi tak bisa diselamatkan.

3 dari 5 halaman

2. Lomba Makan Sosis

Banyak yang menuntut bahwa penyelenggara festival seharusnya bertanggung jawab atas kematian seorang pria setelah ikut lomba makan sosis.

Kejadian itu berlangsung pada Oktober 2013 di Desa Berka, Rumania. Acara itu bernama Festival Sosis Plescoi dan telah memasuki musim ke-6.

Dalam lomba itu, peserta diminta tak hanya makan. Namun, mengisi mulut mereka dengan sosis sebanyak-banyaknya. Kala itu, seorang pria berusia 60 tahun jadi pemenangnya.

Saat hendak menerima hadiah, ia diminta maju ke depan menuju atas panggung. Namun, baru beberapa langkah ke panggung ia pingsan dan mengalami kesulitan bernapas. Pria itupun dilaporkan tewas akibat terlalu banyak menyumpal sosis hingga ke tenggorokan.

4 dari 5 halaman

3. Lomba Makan Kue

Pada November 2008, di Gurgaon, sebuah kota di barat daya New Delhi, India utara, karyawan di kantor Nokia Siemens Networking ikut serta dalam kompetisi makan kue yang diselenggarakan oleh perusahaan.

Salah satu kontestan, Saurav Sabbarwal (22) mulai merasa sakit selama kompetisi dan pergi ke kamar mandi akibat terlalu banyak makan kue.

Ketika dia tidak kembali, rekan kerjanya pergi mencarinya. Mereka menemukan Saurav Sabbarwal pingsan tak sadarkan diri.

Dr. Sushum Sharma, mengatakan bahwa kue-kue yang masuk ke tenggorokan Sabberwal yang mengakibatkan kematiannya. Perwakilan dari Nokia Siemens Networking menolak untuk berbicara tentang kematian Sabbarwal.

 

5 dari 5 halaman

4. Lomba Makan Donat

Voodoo Donut di Denver, Colorado mensponsori kontes makan donat di mana para peserta harus makan satu piring besar donat dalam 80 detik.

Travis Malouff yang berusia 42 tahun, adalah salah satu kontestan dalam kompetisi tersebut. Ketika dia mulai tersedak selama acara, para penonton mencoba membantu, tetapi tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana melakukan upaya pertolongan.

Paramedis dipanggil ke tempat di mana Malouff dinyatakan meninggal. Dia meninggal karena asfiksia karena penyumbatan jalan napas. Sejak itu, Voodoo Donut telah menangguhkan tantangan makan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.