Sukses

Senang hingga Waspada, Ini Berbagai Tanggapan Dunia Atas Kekalahan ISIS

Berbagai negara di dunia memberikan tanggapan terhadap kabar kekalahan ISIS oleh pasukan koalisi.

Liputan6.com, Damaskus - Klaim pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) yang menyebut ISIS kalah telak mendapat reaksi dari sejumlah negara.

Setelah berminggu-minggu pertempuran sengit dan pemboman udara, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi pada hari Sabtu menyatakan kemenangan atas ISIS, dengan mengatakan mereka telah 'menyapu' militan kelompok itu di kantong terakhir yang tersisa di kota Baghouz, di tepi timur Sungai Eufrat.

"Kami mengumumkan hari ini penghancuran ISIS, dan berakhirnya kendali darat di kantong terakhir mereka di Baghouz," kata Mazloum Abdi, komandan umum SDF, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Minggu (24/3/2019).

SDF telah menjadi mitra AS dalam menjalankan operasi militer di Suriah, sekaligus menjadi ujung tombak perjuangan melawan ISIS selama lima tahun terakhir.

Pengumuman itu menandai berakhirnya kekhalifahan ganas yang dilakukan ISIS --yang awalnya merupakan cabang dari Al-Qaeda-- di sebagian besar Irak dan Suriah sejak 2014.

Namun, menurut para analis, penyergapan Baghouz kemungkinan tidak akan menandai berakhirnya ISIS sebagai kekuatan di wilayah tersebut.

Berikut adalah reaksi berbagai negara terhadap berita awal mengenai jatuhnya benteng terakhiri ISIS oleh pasukan koalisi.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kurdi Suriah

Komandan militer utama SDF mendesak pemerintahan Presiden Bashar al-Assad untuk memilih jalur dialog pasca-kekalahan militer ISIS, tidak lama setelah ia mengumumkan "fase baru" dalam konflik terkait.

"Kami menyerukan pemerintah pusat di Damaskus untuk lebih memilih proses dialog," kata Mazloum Kobane dalam sebuah pernyataan.

Dia juga menyerukan Damaskus untuk "memulai langkah-langkah praktis dalam mencapai solusi politik berdasarkan pengakuan" lembaga otonom dan status khusus SDF.

Mengomentari pertempuran melawan ISIS, ia mengatakan bahwa "fase baru dalam perang melawan teroris" dimulai, menambahkan bahwa target sekarang adalah untuk menghilangkan "sel-sel tidur" kelompok itu.

3 dari 6 halaman

2. Amerika Serikat

Presiden Donald Trump mengatakan bahwa AS akan "tetap waspada terhadap ISIS dengan menyelaraskan upaya kontraterorisme global untuk memerangi" kelompok bersenjata "sampai akhirnya dikalahkan".

"Kepada semua orang muda di internet yang percaya pada propaganda ISIS, Anda akan mati jika bergabung," kata Trump dalam sebuah pernyataan. "Sebaliknya, pikirkan tentang memiliki kehidupan yang hebat."

"Sementara pada saat-saat para pengecut ini akan muncul kembali, mereka telah kehilangan semua gengsi dan kekuasaan," katanya, seraya menambahkan "mereka adalah pecundang dan akan selalu menjadi pecundang".

Sementara itu, William Roebuck, pejabat Kementerian Luar Negeri AS yang bertanggung jawab atas Suriah, memuji keberhasilan mengalahkan ISIS sebagai "tonggak penting".

"Kami memberi selamat kepada orang-orang Suriah dan khususnya Pasukan Demokrat Suriah atas penghancuran kekhalifahan ISIS yang curang," kata Roebuck.

"Sementara kami telah menyelesaikan kekalahan teritorial ISIS di Suriah dan Irak, kami masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai kekalahan ISIS yang berkelanjutan ... ISIS tetap menjadi ancaman signifikan di kawasan itu, (bagi) Amerika Serikat, mitra kami, dan sekutu," tambahnya.

 

4 dari 6 halaman

3. Prancis

Presiden Emmanuel Macron mengatakan sumber potensi kekerasan telah "dihilangkan", tetapi memperingatkan bahwa "ancaman itu tetap ada, dan perjuangan melawan kelompok-kelompok teroris harus dilanjutkan".

"Pasukan Demokrat Suriah telah mengumumkan bahwa benteng terakhir Daesh telah jatuh ke tangan pihak koalisi. Saya memberi penghormatan kepada mitra kami dan kepada pasukan koalisi internasional, di mana Prancis menjadi bagiannya," kata Macron di Twitter.

5 dari 6 halaman

4. Inggris

Perdana Menteri Theresa May menyebut kekalahan ISIS sebagai "tonggak bersejarah", dan mengatakan pemerintah Inggris tetap "berkomitmen untuk memberantas ideologi beracun mereka".

"Pembebasan wilayah terakhir yang dikuasai Daesh tidak akan mungkin terjadi tanpa keberanian besar dari militer Inggris dan sekutu kita," katanya di Twitter, menggunakan akronim kelompok itu dalam bahasa Arab.

"Kami akan terus melakukan apa yang diperlukan untuk melindungi rakyat Inggris, Sekutu dan mitra kami dari ancaman yang ditimbulkan Daesh."

Inggris mengatakan pasukan bersenjatanya memiliki hampir 1.400 personel di wilayah tersebut, yang memberikan dukungan kepada pasukan lokal, selain sejumlah serangan udara yang dilakukan oleh Angkatan Udara Kerajaan.

Tentara Inggris juga membantu melatih pasukan keamanan Irak.

6 dari 6 halaman

5. Jerman

Menteri luar negeri Jerman, Heiko Maas, menggambarkan akhir kekuasaan ISIS sebagai "langkah penting".

Meski begitu, dia memperingatkan, bagaimanapun, bahwa "jelas" bahwa ISIS "terus mewakili ancaman yang cukup besar".

"Kami tidak akan meremehkan ancaman itu," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.