Sukses

Ramai soal SBMPTN, Ini 15 Universitas Paling Sulit Ditembus di Dunia

Ada sejumlah universitas negeri di Tanah Air yang sangat sulit ditembus. Baik lewat SNMPTN atau SBMPTN.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menegaskan siswa yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tidak diperbolehkan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Menurut Mohamad Nasir, nama mereka yang telah lulus SNMPTN akan dikunci jika masih hendak mendaftar SBMPTN 2019, demikian dikutip dari laman Antara, Jumat (22/3/2019).

Ada sejumlah universitas negeri di Tanah Air yang sangat sulit ditembus. Sebut saja Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia hingga Institut Teknologi Bandung.

Sama halnya seperti kampus-kampus di luar negeri yang masuk dalam daftar tersulit untuk dimasuki. Tak hanya bersaing dalam satu negara, namun para calon mahasiswa harus berebut kursi dengan pelamar dari seluruh dunia.

Seperti dikutip dari laman Careeraddict.com, Jumat (22/3/2019), berikut 15 universitas yang paling sulit ditembus di dunia:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Harvard

Tingkat Penerimaan: 5,2 persen

Rata-rata yang Diterima: 1.430 - 1.600

Harvard adalah universitas yang terletak di Cambridge, Massachusetts. Didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat.

Pendidikan di Harvard menjanjikan kualitas dengan tenaga pengajar yang ahli di bidangnya. Dalam proses penerimaannya, Harvard mempertimbangkan berbagai faktor dari calon pelamar.

Hal ini dilakukan sebagai langkah tegas untuk menciptakan lulusan yang berkualitas. Intinya, gelar berkuliah di Harvard sangat sulit di dunia.

Di antara alumni yang sangat mengesankan adalah co-creator Facebook Mark Zuckerberg dan pendiri Microsoft Bill Gates -- meski keduanya drop out di tengah jalan.

 

3 dari 6 halaman

2. Stanford University

Tingkat Penerimaan: 4,65 persen

Rata-rata yang Diterima: 1.380 – 1.580

Stanford University juga masuk dalam daftar kampus di AS yang sulit untuk dimasuki. Stanford adalah sebuah universitas swasta yang terletak kira-kira 60 kilometer di tenggara San Francisco dan kira-kira 30 kilometer di timur laut San Jose.

Sejumlah lulusan dari kampus ini juga sangat terkenal seperti pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin. Begitu juga dengan pendiri Snapchat Evan Spiegel.

 

4 dari 6 halaman

3. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Tingkat Penerimaan: 7,1 persen

Rata-rata yang Diterima: 1.460 – 1.590

Massachusetts Institute of Technology adalah institusi riset swasta dan universitas yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat.

Didirikan tahun 1861 sebagai respon atas kemajuan teknologi dan industri di Amerika pada saat itu, universitas ini mengadopsi universitas riset ala Eropa. MIT sekarang berdiri di atas tanah seluas 168 are yang dibuka  pada 1916. Dalam kurun waktu 60 tahun belakangan ini, MIT telah mengembangkan cabang lain seperti manajemen, ekonomi, ilmu politik, dan biologi.

Proses penerimaan cukup ketat dilakukan oleh pihak MIT dengan cara melihat nilai ujian masuk dari peserta. Pendiri Khan Academy, Salman Khan, PM Israel Benjamin Netanyahu dan mantan Sekjen PBB, Kofi Annan adalah lulusan dari MIT.

 

5 dari 6 halaman

4. Yale University

Tingkat Penerimaan: 6,9 persen

Rata-rata yang Diterima: 1.420 – 1.600

Universitas tertua ketiga di Amerika Serikat, Yale University juga menarik banyak pelamar untuk bergabung dan belajar di kampus tersebut.

Yale adalah sebuah universitas swasta di New Haven, Connecticut. Didirikan pada 1701 sebagai Collegiate School, Yale adalah institusi pendidikan tinggi ketiga tertua di Amerika Serikat. Universitas ini memiliki banyak penerima Penghargaan Nobel dan Presiden Amerika Serikat, termasuk William Howard Taft, Gerald Ford (LL.B), George H.W. Bush (BA), Bill Clinton (JD), dan George W. Bush (BA).

Bidang-bidang yang diunggulkan di kampus ini di antaranya adalah ilmu sosial, humaniora hingga ilmu politik.

 

6 dari 6 halaman

5. Peringkat Selanjutnya

Berikut peringkat selanjutnya:

5. California Institute of Technology

6. University of Cambridge

7. University of Oxford

8. Princeton University

9. University of Chicago

10. Imperial College London

11. University College London

12. Columbia University

13. The Juilliard School

14. Brown University

15. Vanderbilt University

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PT
    Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PT

    SBMPTN

  • SBMPTN 2019