Sukses

Tampilan Bisa Menipu... 4 Bunga Cantik Ini Ternyata Beracun

Berikut beberapa bunga yang cantik namun beracun.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang menginginkan rumah yang asri dengan taman yang indah. Tak elak, bunga yang cantik menjadi incaran para penggemar tanaman yang ingin menghias pekarangan mereka.

Sayangnya, tidak semua bunga yang cantik sepenuhnya aman. Beberapa jenis memiliki racun yang mampu mematikan.

Agar Anda berhati-hati dan memilih tanaman yang tepat sebagai hiasan, berikut adalah empat bunga yang indah namun beracun, melansir laman List Verse, pada Kamis (21/3/2019).

 

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Wisteria

Bunga Wisteria sering menjadi objek foto, mengingat secara sekilas terlihat cantik. Warnanya pun cerah dan menarik; yakni ungu muda, merah muda, putih, dan biru.

Tanaman ini berasal dari China, Korea, dan Jepang, kemudian diperkenalkan ke wilayah timur Amerika Serikat.

Terlepas cantiknya bunga ini, Wisteria ternyata beracun. Jika dimakan, dapat menyebabkan diare, muntah, sakit perut, dan depresi sistem saraf pusat. Racun tidak hanya berefek pada manusia, namun juga pada kucing dan anjing.

3 dari 5 halaman

2. Trompet Malaikat (Sangkakala)

Tanaman indah dari genus Brugmansia yang sering disebut bunga trompet atau sangkakala ini sangat berbahaya.

Satu gigitan, dapat menyebabkan halusinasi, diare, muntah, dan masalah pupil.

Bunga ini berasal dari Amerika Latin, namun sekarang telah dikembangkan di berbagai belahan dunia.

4 dari 5 halaman

3. Oleander

Oleander adalah bunga cantik yang mampu memperindah taman anda jika dibudidayakan. Pilihannya pun sangat beragam, karena sekarang telah terdapat 300 varietas.

Sayangnya, jika menelan oleander, Anda berpotensi sakit perut, disorientasi, pingsan, detak jantung tidak teratur, dan gejala negatif lainnya. Zat beracun yang terdapat dalam oleander termasuk digitoxigenin, neriin, oleandrin, dan eleondroside.

5 dari 5 halaman

4. Beberapa Jenis Lili

Meskipun bunga sangat terkenal secara global, ternyata sangat sedikit orang yang benar-benar tahu bahwa tanaman ini beracun.

Lili umumnya berbahaya apabila dimakan oleh hewan, terutama kucing, daripada manusia. Namun Anda tetap harus berhati-hati.

Pada satu kondisi ekstrem, getah beberapa jenis bunga lili dapat menyebabkan iritasi kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.