Sukses

Meninju Egg Boy Usai Dilempari Telur, Senator Australia Terancam Pidana

Perdana Menteri Australia Scott Morrison merekomendasikan agar Senato Fraser Anning yang memukul Egg Boy dihukum.

Liputan6.com, Canberra - Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyarankan agar senator kontroversial Fraser Anning dikenai sanksi. Hukuman dianggap layak diberikan karena ia memukul Will Connolly (17) --dikenal pula sebagai Egg Boy -- remaja laki-laki yang melemparinya telur saat konferensi pers.

Sebelumnya, senator Negeri Kanguru itu memberikan komentar ofensif. Anning menyatakan pada Jumat 15 Maret bahwa insiden penembakan masjid di Selandia Baru terjadi akibat imigrasi Muslim ke Negeri Kiwi. Merasa tidak terima, Connolly melempar telur ke arah kepala Anning yang dibalas dengan bogem mentah beberapa kali, sebelum dihentikan oleh petugas keamanan.

Senator Anning mengatakan bahwa tindakannya itu dalam rangka membela diri.

"Dia (Will Connolly) memukul wajahnya sendiri. Dia mempermalukan ibunya, karena dia telah berperilaku buruk," kata Anning.

"Ketika seseorang melemparkan sesuatu ke kepala bagian belakang, maka Anda akan bereakasi dan membela diri," lanjutnya.

Sang Egg Boy nyatanya tidak sendiri menghadapi kasus ini. Pada Minggu, 17 Maret 2019, PM Morrison menyatakan sikapnya membela Connolly.

"Sanksi hukum harus diberikan kepada Senator Anning," kata Morrison, mengutip Telegraph pada Senin (18/3/2019).

Sementara itu, pihak kepolisian setempat menyebut Connolly telah "menyerang" Anning dengan telur.

Dalam sebuah pernyataan, polisi menyebut Anning melakukan pembalasan dan memukul Egg Boy dua kali sebelum akhirnya Connoly jatuh ke tanah.

Saat ini, kasus senator dan Egg boy ini tengah diinvestigasi oleh Kepolisan Negara Bagian Victoria.

 

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikecam Berbagai Pihak

Tidak hanya Connolly, sejumlah pihak telah mengecam komentar ofensif Anning. Morrison mengatakan bahwa tanggapan senator Queensland itu hal yang "buruk" dan mengerikan.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern juga angkat bicara. Saat ditanya wartawan terkait komentar Anning, Ardern menjawab bahwa hal "itu memalukan".

Sejumlah warganet turut mengecam, sekaligus memberikan pesan dukungan kepada Connolly dengan tagar #EggBoy. Mereka menjuluki Connolly sebagai pahlawan anti-fasisme.

Tidak hanya melalui kalimat dalam twit, warganet juga mengunggah gambar, animasi, poster, dan GIF, sebagaimana telah diwartakan sebelumnya oleh Liputan6.com.

Beberapa unggahan itu terkesan lucu. Misalnya akun bernama Peter Dutton yang menyejajarkan egg boy dengan Menteri Pertahanan.

"Saya sudah menemukan menteri pertahanan versi saya. #EggBoy," tulisnya sambil menyematkan foto Connolly.

Sedangkan akun Ibrahim Alhadidi mengunggah ilustrasi Anning yang tengah dilempar telur sang Egg Boy, dengan tulisan: "Otak Anda butuh lebih banyak protein. Ambil Ini!"

Tagar #EggBoy saat ini tengah viral di sejumlah media sosial, termasuk Instagram. Meme dan tulisan yang menyatakan solidaritas terhadap Connolly sangat mudah ditemukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.