Sukses

Rayakan Hari Perempuan Internasional, Kedutaan China Gelar Bazar Amal

Kedutaan Besar China untuk Indonesia mengadakan bazar amal untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret 2019, Kedutaan Besar China untuk Indonesia mengadakan bazar amal. 

Dalam bazar tersebut dijual berbagai barang, sebagian besar adalah produk dalam negeri Tiongkok. Di antara yang dijual adalah guci, kain tradisional, telepon genggam, payung dan suvenir lain, serta minuman.

Di antara produk tersebut dibuat oleh perempuan, sehingga bazar secara tidak langsung berfungsi untuk membuktikan kepada publik bahwa perempuan juga dapat berkarya dan memiliki kemampuan yang tidak boleh diragukan.

Pihak panitia mengatakan bahwa keuntungan yang didapat dari penjualan barang, akan diberikan sebagai amal, khususnya bagi komunitas perempuan yang membutuhkan.

Sebagai tuan rumah, Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, menyambut hangat para pengunjung bazar.

Dalam sebuah pidato pembuka acara, pria kelahiran November 1964 itu mengatakan bahwa keadaan perempuan di negaranya sudah baik.

"Kondisi perempuan di China, di Indonesia, dan di seluruh dunia semakin baik saat ini. Saya mengucapkan selamat untuk semuanya," katanya.

Di kesempatan yang sama, Dubes Xiao Qian juga memberikan informasi terkini terkait hubungan Negeri Tirai Bambu dengan Indonesia. Mengingat sudah menjadi tugasnya untuk selalu menyosialisasikan progres strategis bilateral, kepada publik dua negara.

"China dan Indonesia, hubungan bilateral kami sangat dekat. Begitu pula hubungan antar sesama warga negaranya," kata Xiao.

Ia juga menyebut bahwa negaranya merupakan salah satu penyumbang investasi asing (foreign direct investment) terbesar bagi Indonesia.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kedua negara selalu saling membantu dalam banyak hal, tak terkecuali dalam bencana. Di akhir sambutan, ia mengatakan intensi negaranya untuk berkontribusi lebih banyak bagi bangsa Indonesia.

Dari sambutan itu juga diketahui bahwa Kedutaan Besar China di Indonesia memiliki konsen yang tinggi terkait pemberdayaan perempuan. Hal itu dibuktikan dengan komunitas perempuan di dalam kedutaan, yang secara konsisten melakukan sejumlah kegiatan positif.

 

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hetty Andika Perkasa Sampaikan Kondisi Perempuan Indonesia

Dalam kegiatan bazar amal yang diadakan oleh Kedutaan Besar China di Indonesia, tampak Hetty Andika Perkasa, istri Kepala Staf Angkatan Darat, memberikan sambutan.

Dalam kesempatan itu Hetty menjelaskan kondisi terkini perempuan Indonesia, di depan para pengunjung bazar yang sebagian besar.

"Saat ini, perempuan Indonesia telah menikmati hak kebebasan berekspresi dan dapat mengembangkan diri mereka sendiri," kata Hetty.

"Meskipun demikian, masih terdapat perempuan yang hidup dalam kesulitan dan tidak dapat mengakses pendidikan. Hal itu disebabkan oleh kesulitan ekonomi," lanjutnya.

Karena kondisi tersebut, Hetty mengapresiasi langkah positif Kedutaan Besar China yang mengadakan bazar amal di mana akan bermanfaat bagi komunitas perempuan di dalam negeri.

"Oleh karenanya, saya mengapresiasi langkah Duta Besar Republik Rakyat China untuk Indonesia, yang mengadakan bazar amal dalam peringatan Hari Perempuan Internasional."

Menurut Hetty, bazar amal akan mampu menguatkan hubungan bilateral China-Indonesia, yang telah dibina sejak lama.

"Acara ini akan menguatkan hubungan persahabatan di antara negara yang sudah terjalin dengan baik sejak lama. Semoga acara ini dalam peringatan Hari Perempuan Internasional dapat sukses, dan dapat membantu memperluas peran dan hak perempuan di Indonesia serta di dunia," pungkasnya.

Dalam acara yang berlangsung di Mega Kuningan Jakarta tersebut, tampak pula sejumlah tokoh hak-hak perempuan. Salah satu di antaranya adalah Elmyra Juniwati, Presiden Women's International Club Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.