Sukses

Ngeri, Tulang Manusia Marak Dijual di Instagram

Perdagangan tulang manusia di Instagram adalah sesuatu yang legal dan berkembang pesat di Amerika Serikat.

Liputan6.com, California - Perdagangan tulang manusia di media sosial kini kian merebak. Fakta ini disebabkan karena penjualan, pembelian, dan perdagangannya dilegalkan di Amerika Serikat. Namun tidak sembarang orang yang bisa mendapatkannya. Ada beberapa ketentuan.

Kerangka penduduk asli Amerika dilindungi oleh Native American Graves and Repatriation Act (NAGPRA), dan setiap negara bagian memiliki aturan berbeda tentang praktik jual-beli tulang belulang manusia di pasar, atau dikirimkan melalui jalur negara.

Asalkan pembeli mampu membayar langsung dengan uang tunai, maka ia dapat memesan kerangka asli manusia yang baru dibersihkan atau tulang "antik" dalam hitungan menit.

Tidak ada hukum atau pengawasan federal untuk penjualan pribadi semacam itu. Toko online yang berbasis di Los Alamitos, California, adalah salah satu yang melakukan perdagangan ini. Pelapak atas nama Bone Room tersebut menjamin pembeli dengan meyakinkan bahwa adalah sesuatu yang sangat sah untuk memiliki dan menjual tulang manusia di Negeri Paman Sam.

Pada situs web mereka, calon pembeli bisa menemukan daftar seperti #6043 India male, tengkorak yang sedikit rusak dengan harga US$ 1.800. Namun warung daring tersebut tidak memberikan informasi tentang siapa orang ini, bagaimana tengkorak itu diperoleh, atau bahkan jika tengkorak itu masuk ke AS sebelum larangan ekspor India tahun 1985.

Koleksi tulang manusia telah menjadi simbol status subkultur. Kolektor pribadi, Ryan Matthew Cohn, mengaku telah mengumpulkan lebih dari dua ratus tengkorak manusia dalam koleksi pribadinya. Demikian seperti dikutip dari Popular Science, Jumat (8/3/2019).

Instagram pada awalnya tampak tidak menjadi media yang memungkinkan untuk perdagangan tulang manusia, tetapi fungsi media sosial ini berubah dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian besar disebabkan oleh larangan penjualan tulang manusia dari situs web dan aplikasi populer lainnya.

Etsy, yang berfokus pada kerajinan tangan, tidak mengizinkan perdagangan tulang manusia pada tahun 2012. Demikian pula, eBay, yang jauh lebih permisif, melarang semua bagian tubuh manusia untuk diperjual-belikan, kecuali rambut pada 2016.

Christine Halling dan Ryan Seidemann dari Departemen Kehakiman Louisiana melacak penjualan 454 tengkorak manusia di kedua situs tersebut. Mereka mencatat bahwa 56 di antaranya didapatkan dari kepentingan forensik atau arkeologis, dan seharusnya tidak untuk dijual.

Pada tahun 2009, Seidemann dan rekannya melaporkan adanya temuan tengkorak asli orang Amerika yang telah ditawarkan di eBay dan kemudian disita oleh Pemerintah Negara Bagian Louisiana. Situs belanja daring itu pun mengubah kebijakan toko mereka dengan melarang penjualan tulang manusia.

Para arkeolog seperti Damien Huffer melacak bagaimana kerangka manusia dipasarkan dan dijual melalui telepon pintar. Ia bersama rekannya, Shawn Graham, menggali mekanisme trik perdagangaan tersebut dalam makalah 2017 berjudul "The Insta‑Dead: The Rhetoric of the Human Remains Trade on Instagram."

Ternyata, bahasa yang digunakan untuk mempromosikan dan membeli kerangka, sangat akrab di telinga masyarakat awam. Tulang tangan biasanya diolah menjadi bahan dasar untuk pembuatan kalung, sedangkan tengkorak dijadikan pajangan di bawah meja kaca. Ini adalah cara lain manusia tak bernyawa diubah menjadi objek seni.

"Kemampuan untuk menjual, menampilkan, atau memperdagangkan jenazah manusia melalui media sosial dan daftar distribusi online telah menjadikan manusia diperlakukan sebagai produk konsumen untuk pasar kolektor daripada benda-benda bernilai arkeologis, etnografi atau anatomi lain," tulis Huffer dan Graham.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Tulang

Seperti yang ada sekarang, perdagangan tulang di Amerika Serikat sebagian besar legal. Namun tidak semuanya tidak bertanggung jawab.

Satu pemasok tertentu, Skulls Unlimited International, mendapatkan tengkorak segar dari donor, dan ini dijual ke dokter atau peneliti dengan kebutuhan khusus. Tetapi masih ada tulang dan kerangka yang tak terhitung jumlahnya, yang tidak diketahui asalnya, yang ditukar di Instagram.

Menurut Huffer dan Graham, bahkan Etsy, karena kerangka-kerangka itu diberi label antik atau bersejarah. Di satu sisi, tengkorak yang dikatakan berasal dari koleksi sekolah kedokteran tua, kemungkinan masih diperoleh dengan cara yang tidak etis. Badan regulasi media sosial atau bahkan lembaga penegak hukum, lambat mengatur praktik penjualan ini.

Namun kenyataannya, pasar terus tumbuh. Dalam studi mereka, Huffer dan Graham melacak upaya penjualan tulang manusia di Instagram antara 2013 dan 2016. Sementara hanya ada tiga unggahan yang relevan pada 2013 dengan harga total US$ 5.200. Sedangkan pada 2016 ada 77 posting-an dengan meminta harga mencapai total sekitar US$ 57.000.

Sebagian besar dari mereka adalah penjual barang langka yang tidak kaya. Mereka adalah pengumpul barang-barang aneh, artistik, dan penjual paruh waktu yang membeli dan berdagang dalam skala kecil, menggunakan tag seperti #trophyskulls dan #realbone untuk memasarkan penawaran mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.