Sukses

Presiden Afrika Selatan Pernah Enam Kali Menikah

Pernikahan Presiden Afsel Jacob Zuma dengan istri keempatnya Gloria Bongi Ngema berlangsung Jumat (20/4). Ketiga istrinya hadir dalam acara tersebut. Sejatinya, Jacob pernah enam kali menikah.

Liputan6.com, Johannesburg: Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma (70) sedang menjadi sorotan publik dunia karena kehidupan pribadinya. Orang nomor satu di negara yang terletak di ujung selatan Benua Afrika itu, Jumat (20/4) menikah lagi dengan istri keempatnya, Gloria Bongi Ngema [baca: Presiden Jacob Zuma Nikahi Istri Keempat]. Pernikahan ini dilangsungkan secara tertutup di kediaman pribadi di Nkandla, KwaZulu-Natal, Afsel. Pernikahan tersebut juga dihadiri oleh ketiga istrinya.

Pernikahan dengan Gloria Bongi Ngema ini sejatinya bukan yang keempat tapi keenam. Karena Jacob pernah menceraikan dua orang istrinya sebelum menikahi Ngema. Poligami merupakan bagian tak terpisahkan dari budaya Zulu Zuma dan juga dianggap legal di Afrika Selatan. 

Reuters menulis bahwa Bongi Ngema adalah kekasih masa lalu Jacob. Perempuan enerjik itu berlatar belakang sebagai aktivis yang sempat bekerja di bidang teknologi informasi.

Dari hasil perkawinannya dengan enam istrinya (yang kini tinggal empat), Jacob Zuma dikaruniai 21 anak. Termasuk anak dari perkawinannya dengan Gloria Bongi Ngema. Hubungan pribadi dari semua istri sang presiden terlihat harmonis dan sangat akrab. Keadaan tersebut terbukti ketika mereka menghadiri acara perkawinan Jacob-Ngema. Para istri Presiden Afrika Selatan yang hadir yakni Sizakele Zuma, Nompumelelo Ntuli-Zuma, dan Tobeka Madiba-Zuma.

Istri yang bercerai dengan Jacob Zuma adalah menteri dalam negerinya sendiri Nkosazana Dlamini-Zuma. Yang satu lagi, Kate Mantsho-Zuma dikabarkan sudah meninggal akibat bunuh diri tahun 2000 silam. (Vin)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini