Sukses

Hillary Clinton Tak Akan Maju Pilpres AS 2020, tapi...

Hillary Clinton mengatakan pada Senin 4 Maret 2019 bahwa dirinya tidak akan mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres AS 2020 mendatang. Tapi ada hal lain yang ia sampaikan selain hal tersebut.

Liputan6.com, New York - Hillary Clinton mengatakan pada Senin 4 Maret 2019 bahwa dirinya tidak akan mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres AS 2020 mendatang.

Tapi, ia mengatakan bahwa "Saya tidak akan ke mana-mana," mengindikasikan bahwa dirinya masih akan tetap aktif di dunia politik Negeri Paman Sam.

"Saya tidak mencalonkan diri, tetapi saya akan terus bekerja dan berbicara serta membela apa yang saya yakini," kata mantan calon presiden dari Partai Demokrat edisi Pilpres 2016 itu, seperti dikutip dari CNN, Selasa (5/3/2019).

"Saya ingin memastikan bahwa orang-orang mengerti saya akan terus berbicara. Saya tidak ke mana-mana," kata Clinton.

Komentar Hillary Clinton mengesampingkan spekulasi bahwa dia mempertimbangkan tawaran untuk maju pada 2020.

Tiga orang mengatakan kepada CNN pada bulan Januari bahwa Clinton mengatakan kepada orang-orang bahwa dia tidak menutup pintu untuk maju pada Pilpres 2020.

Pada saat itu, seorang teman dekat Clinton mengatakan akan tetap menjadi kejutan besar bagi mereka jika dia berkampanye lagi.

Mantan ketua kampanye Hillary Clinton, John Podesta mengatakan kepada CNN pada bulan Januari bahwa dia menerima ucapannya bahwa dia tidak bermaksud mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2020.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsisten Tidak Akan Maju, Tapi Resah dengan Kondisi Bangsa

Beberapa kali sebelumnya, Hillary Clinton telah mengatakan bahwa dia tidak mencalonkan diri sebagai presiden pada pilpres berikutnya

"Tidak," ketika ditanya apakah dia akan mencalonkan diri pada tahun 2020 dalam sebuah wawancara dengan Recode pada Oktober tahun lalu.

Clinton juga mengatakan kepada "CBS Sunday Morning" pada bulan September 2017, "Saya sudah selesai dengan menjadi kandidat," sambil mempromosikan memoar terbarunya.

Ketika ditanya apakah dia akan mempertimbangkan mencalonkan diri sebagai gubernur, walikota atau pejabat terpilih lagi, Clinton mengatakan kepada News 12, "Saya rasa tidak," menambahkan bahwa dia suka tinggal di New York dan bersyukur atas waktu yang dihabiskannya sebagai senator negara.

Mantan menteri luar negeri mengatakan, "Apa yang dipertaruhkan di negara kita, hal-hal yang terjadi sekarang sangat meresahkan bagi saya."

Dia mengatakan, AS telah menjadi "tidak hanya terpolarisasi, kami telah masuk ke kamp-kamp yang benar-benar berlawanan tidak seperti apa pun yang pernah saya lihat dalam kehidupan dewasa saya."

Clinton mengatakan bahwa "kami telah membuat banyak kemajuan" tetapi "kami masih memiliki jalan panjang untuk melanjutkan hak-hak perempuan, hak-hak gay, untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki martabat dan identitas mereka dihormati."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.