Selain Indonesia, Ini 4 Negara di Dunia yang Tak Bisa Lepas dari Nasi

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 05 Mar 2019, 19:10 WIB
Diperbarui 07 Mar 2019, 18:13 WIB
memasak nasi aron

Liputan6.com, Jakarta - Nasi adalah makanan pokok bagi mayoritas orang Indonesia. Kalau tidak makan nasi dalam satu hari ibarat tidak makan sama sekali.

Nasi bersumber dari tanaman padi yang menjadi beras lalu dimasak menjadi makanan pokok.

Ternyata, Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang mengonsumsi nasi. Ada negara lain yang jumlah konsumsi dan produksi beras sama-sama tertinggi di dunia.

Seperti dikutip dari laman worldatlas.com, Selasa (5/3/2019), berikut negara dengan jumlah konsumsi dan produksi nasi terbanyak di dunia:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 6

1. China

Ilustrasi Nasi Goreng
Ilustrasi nasi goreng (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

China adalah konsumen sekaligus produsen beras terbesar di dunia pada saat yang bersamaan. Negeri itu juga masuk dalam daftar salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia selama beberapa tahun terakhir dengan pertanian menjadi salah satu pilar terpenting.

Konsumsi beras di China mencapai 142.700 metrik ton per tahun yang setara dengan hampir 30 persen dari produksi beras global.

Sekitar 65 persen dari populasi China mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok.

3 of 6

2. India

15 Makanan Khas Cirebon Ini Bertahan dari Gempuran Junk Food
Nasi Jamblang

India juga mengalami pertumbuhan eksponensial seperti China. Negara ini menduduki peringkat kedua sebagai konsumen nasi terbesar di dunia.

India berada di urutan kedua dengan total konsumsi 97.350 metrik ton. Negeri Bollywood ini menghasilkan biji-bijian lain, termasuk gandum, sorgum, dan jagung.

Pemerintah memainkan peran penting dalam produksi beras untuk konsumsi melalui pengadaan dan memulai program distribusi.

Petani didukung dalam berbagai tahap produksi yang sebagian besar melalui subsidi dan produksi, yang meliputi pupuk, benih, listrik, dan mesin.

 

4 of 6

3. Indonesia

nasi merah
nasi merah/copyright: shutterstock

Konsumen beras ketiga terbesar di dunia adalah Indonesia yang mengonsumsi 37.400 metrik ton. Sekitar 77 persen petani di Indonesia menanam padi, dan negara ini juga merupakan penduduk terpadat keempat di dunia di mana beras merupakan tanaman pangan terpenting.

Daerah pertumbuhan utama adalah Jawa dan Sumatra di mana budidaya sangat terkonsentrasi. Baru-baru ini impor beras telah menurun. Namun, diperkirakan akan meningkat di tahun-tahun mendatang karena populasinya terus meningkat.

5 of 6

4. Bangladesh

Ilustrasi Nasi
Ilustrasi nasi (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Negara selanjutnya yang mengisi daftar adalah Bangladesh. Negara yang berada di kawasan Asia Selatan ini mengonsumsi 35,200 metrik ton beras tiap tahun.

Negara yang berbatasan dengan India ini juga menjadi produksi beras. Hasil pertaniannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

 

6 of 6

5. Vietnam

Resep Nasi Goreng Cabe Hijau Kekinian
Resep Nasi Goreng Cabe Hijau Kekinian

Negara di kawasan Asia Tenggara yang juga turut mengonsumsi dan menjadi produsen beras terbesar di dunia adalah Vietnam.

Kondisi alamnya juga turut membuat negara ini memasok dan menanam padi agar hasil panennya bisa dikonsumsi oleh masyarakat.

Negara yang berada di kawasan Asia Tenggara ini mengonsumsi 22,100 metrik ton beras tiap tahun.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by