Sukses

4 Cara Praktis Turunkan Tekanan Darah Tinggi dalam 10 Menit

Dalam kondisi yang berbahaya, tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kematian. Anda perlu melakukan tindak pencegahan, cobalah tips ini.

Liputan6.com, Jakarta - Tekanan darah tinggi, atau juga disebut hipertensi, adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri meningkat.

Hipertensi dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup, keturunan (genetik), ataupun keduanya. Meskipun terlihat sepele, hal itu bisa berbahaya jika tidak ditangani, karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Dalam kondisi yang berbahaya, tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kematian. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan tindak pencegahan.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Senin (4/3/2019), berikut 4 cara praktis untuk atasi tekanan darah tinggi dalam waktu singkat, sekitar 10 menit saja:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pijat Telinga dan Leher Anda

Ada sejumlah titik di kepala dan leher Anda yang dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah dalam beberapa menit.

Temukan titik pertama di belakang daun telinga Anda dan gambar garis lurus imajiner ke bawah ke tengah tulang selangka. Di situ, Anda akan menemukan titik kedua.

Dengan menggunakan jari-jari, pijat leher Anda dengan lembut ke atas dan ke bawah garis ini. Ulangi 10 kali di kedua sisi leher.

Memijat bagian-bagian ini akan meredakan ketegangan pada otot leher Anda dan mengembalikan aliran darah ke otak Anda.

 

3 dari 5 halaman

2. Latih Pernapasan Lubang Hidung Kiri

Pernafasan lewat perut bagian dalam bisa membuat diri semakin rileks. Selain itu, ada manfaat yang bisa Anda dapat dari bernapas hanya lewat lubang hidung sebelah kiri.

Bernapas lewat hidung sebelah kiri diyakini mampu mengontrol tingkat tekanan darah Anda dengan merelaksasi pembuluh darah dan mengurangi hormon stres.

Bagaimana cara melakukannya:

Duduklah di lantai atau di kursi dalam posisi yang nyaman dengan punggung lurus. Letakkan tangan kiri di perut. Tutup lubang hidung kanan Anda dengan ibu jari kanan Anda.

Ambil napas dalam-dalam melalui lubang hidung kiri, tahan selama beberapa detik, lalu bernapas.Bernapaslah perlahan dan dalam hanya melalui lubang hidung kiri selama sekitar 3-5 menit.

 

4 dari 5 halaman

3. Mendengar Musik Klasik

Ternyata mendengarkan musik yang menenangkan seperti klasik, Celtic, atau musik India dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah Anda, terutama jika Anda menggabungkannya dengan latihan pernapasan atau meditasi.

Ini terjadi karena jenis musik ini menghasilkan efek menenangkan pada tubuh dan mengurangi hormon stres, kortisol.

Para peneliti percaya bahwa musik yang mungkin membantu mengurangi tekanan darah Anda biasanya memiliki sedikit perubahan dalam volume atau ritme, tidak memiliki lirik, dan memiliki bagian yang diulang pada interval tertentu.

 

5 dari 5 halaman

4. Minum Segelas Air

Dalam beberapa kasus, tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh dehidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi, volume darah dalam tubuh Anda menurun dan resistensi perifer Anda, sebaliknya, meningkat.

Untuk menghindari kondisi ini, setiap kali Anda mulai merasakan gejala hipertensi, cobalah minum segelas atau dua air murni. Ini akan membantu Anda mengembalikan volume darah yang cukup dalam tubuh Anda dan mengurangi tekanan darah Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini