4 Faktor Ini Disinyalir Jadi Penyebab Utama Anda Punya Uban di Usia Muda

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 03 Mar 2019, 20:40 WIB
Diperbarui 03 Mar 2019, 20:40 WIB
ilustrasi uban

Liputan6.com, Jakarta - Uban dianggap sebagai hal yang sangat tidak menyenangkan bagi sebagian orang. Maklum saja, uban biasanya dimiliki oleh orang berusia lanjut.

Namun, sebenarnya uban tidak jarang juga ditemukan pada orang-orang berusia muda seperti di bawah usia 30 tahun.

Lalu apa penyebabnya?

Sejumlah peneliti ada yang telah menemukan penyebabnya. Namun, tak semua sepakat. Ada perbedaan dari tiap penelitian mereka.

Namun, sebagian besar dari mereka menyebut faktor penyebab munculnya uban di usia muda terbagi menjadi empat hal. Berikut selengkapnya seperti dikutip dari laman powerofpositivity.com, Minggu (3/2/2019):

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Stres Kronis

Ilustrasi Uban
Ilustrasi Uban (iStockphoto)​

Meskipun ada sedikit perdebatan tentang ini, beberapa penelitian telah mengungkap korelasi antara stres dan rambut beruban.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh ahli biologi seluler di New York University dan diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine, para peneliti mengamati pengurangan folikel rambut melalui pengurangan sel induk pada tubuh yang stres.

3 dari 5 halaman

2. Defisiensi Vitamin

Perempuan beruban
Martha Truslow Smith, penggagas komunitas Grombre bagi perempuan usia muda yang rambutnya sudah beruban. (dok.Instagram @grombre/https://www.instagram.com/p/BjZjMr3BqRW/?utm_source=ig_embed/Henry

Seperti yang diketahui, kekurangan vitamin B12 dapat mempercepat pertumbuhan uban. Bagi mereka yang vegetarian atau vegan, dikatakan rentan dengan ini.

Sebab, pembatasan konsumsi daging berisiko membuat seseorang tumbuh uban di usia muda.

Individu yang menggunakan pil KB, dan mereka yang memiliki masalah pencernaan atau pencernaan juga berisiko lebih tinggi mengalami uban prematur.

4 dari 5 halaman

3. Kondisi Medis

Sering Mencabuti Uban? Ini Bahayanya
Uban memang sering membuat kita tidak percaya diri terlebih mulai memasuki usia lanjut, uban semakin banyak tumbuh (Sumber foto: carakupunya.com)

Penyakit autoimun secara efektif menyerang sel-sel di dalam tubuh, dan ini termasuk folikel rambut, yang memungkinkan terjadinya uban prematur. Ada juga penyebab medis lainnya.

"Kekurangan vitamin B-12 atau masalah dengan kelenjar hipofisis atau tiroid bisa menyebabkan penuaan dini, termasuk pertumbuhan uban."

5 dari 5 halaman

4. Uban menggantikan rambut rontok

4. Faktor Genetik
Faktor genetik atau keturunan bisa memicu timbulnya uban saat usia muda (Sumber foto: 4jovem.site)

Kerontokan pada rambut adalah hal lumrah, tetapi jika tubuh Anda kekurangan asupan yang berkaitan dengan penumbuhan pigmen, rambut akan tumbuh sebagai uban.

Gaya hidup juga mempengaruhi. Merokok misalnya dapat sangat mempengaruhi kulit dan rambut.

Lanjutkan Membaca ↓