Sukses

Beasiswa Chevening di Inggris Buka Agustus, Ini Caranya Bergabung

Beasiswa Chevening adalah program beasiswa global pemerintah Inggris yang telah berjalan selama 35 tahun. Tertarik ikut? Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan informasi yang didapat dari perwakilan Inggris untuk Indonesia, beasiswa Chevening untuk tahun akademik 2020/2021 akan dibuka pada Agustus tahun ini.

Adapun pendaftaran untuk tahun akademik 2020/2021 akan dibuka melalui laman www.chevening.org/apply.

Beasiswa Chevening adalah program beasiswa global pemerintah Inggris yang telah berjalan selama 35 tahun (sejak 1983). Lebih dari 1.700 orang Indonesia telah menerima Beasiswa Chevening selama periode itu.

Chevening memberi siswa kesempatan untuk belajar untuk gelar Master atau gelar akademik yang diberikan kepada lulusan program pendidikan Magister (S-2) di Inggris.

Program ini menargetkan mereka yang berpotensi untuk menjadi pemimpin, pembuat keputusan dan pembentuk opini di Indonesia yang akan memberikan kontribusi positif bagi masa depan Indonesia.

Menurut informasi yang didapatkan dari perwakilan Inggris untuk Indonesia, dalam keterangan tertulis yang Liputan6.com terima, Minggu (3/3/2019), Chevening terbuka untuk siapa saja yang telah menyelesaikan gelar S1 mereka dan memiliki setidaknya 2 tahun pengalaman kerja. Program itu juga disebut tidak memiliki batasan umur.

 

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerima Beasiswa Chevening Kembali ke Tanah Air

Sementara iitu, Wakil Kepala Misi Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Rob Fenn, menyambut kepulangan 66 mahasiswa Indonesia dan dua warga negara timor Leste di Jakarta. Mereka telah kembali dari studi Master yang sepenuhnya didanai oleh Program Beasiswa Pemerintah Inggris Chevening.

Penyambutan dilakukan bertepatan dengan peringatan 35 tahun Chevening di Indonesia, yang dimulai pada tahun 1983 dan saat ini telah terdapat 1.700 alumni Chevening di seluruh Indonesia dan Timor Leste.

"Merupakan kehormatan besar bagi kami (pemerintah Inggris) untuk bekerja sama dengan orang-orang muda yang luar biasa ini, yang akan menjadi pemimpin di bidang pilihan mereka suatu hari nanti," kata Rob Fenn dalam keterangannya pada Kamis 28 Februari 2019.

"Hari ini (Kamis) saya telah bertemu dengan siswa yang mengesankan dari berbagai bidang akademik: dari perubahan iklim; hukum dan hak asasi manusia; ekonomi dan jasa keuangan; untuk media dan komunikasi, dan di beberapa universitas terbaik di Inggris," lanjutnya.

Sejumlah alumni diklaim telah menjadi pemimpin terkemuka di bidangnya, menggunakan pendidikan yang didapatkan selama di Inggris sebagai bekal untuk memberi manfaat bagi rakyat Indonesia.

"Kami menyambut para alumni ini menjadi klub eksklusif yang terdiri dari 1.700 Alumni Chevening Indonesia, yang termasuk tokoh-tokoh top dalam bisnis, politik, polisi, dan media," tambah Fenn.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.