Koala Hingga Kukang, 4 Hewan yang Terlihat Lucu Namun Membahayakan

Oleh Siti Khotimah pada 02 Mar 2019, 19:40 WIB
Diperbarui 02 Mar 2019, 19:40 WIB
Koala dihinggapi kutu.

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda bahwa tak semua hewan besar pasti berbahaya, atau malah beranggapan sebaliknya terhadap binatang berukuran kecil yang dirasa justru aman saat berinteraksi dengan manusia.

Misalnya, kita melihat gajah berbadan besar dan tampak berbahaya. Padahal sebetulnya mereka memiliki naluri kuat untuk merawat keluarga dan tidak akan menyakii kecuali merasa harus melakukannya.

Berbeda dari gajah, empat hewan berikut cenderung terlihat lucu dan mungil namun membahayakan. Padahal tidak jarang beberapa di antaranya dijadikan karakter boneka.

Berikut adalah empat hewan lucu namun membahayakan, sebagaimana dilansir dari laman listverse.com, pada Sabtu (2/3/2019).

 

Simak pula video pilihan berikut:

2 dari 5 halaman

1. Kukang

Kukang Si Pemalu
Kukang Si Pemalu di Pekanbaru (Liputan6.com / M.Syukur)

Kukang memiliki bentuk fisik yang mungil dan menggemaskan. Mata hewan ini besar seperti mata bayi. Bulunya-pun terlihat sangat halus.

Sayangnya, imajinasi kita tentang kukang berbeda jauh dengan perangai hewan ini. Kukang adalah satu-satunya primata berbisa yang diketahui memiliki gigitan yang sangat beracun.

Racun dari kukang akan menyebabkan syok anafilaksis dan membunuh jika tidak ditangani dengan segera.

Jadi pastikan Anda tidak tergoda untuk membelai hewan ini jika bertemu di kebun binatang maupun di hutan tanpa sengaja.

Adapun habitat asli hewan ini dapat ditemukan di daerah dataran tinggi bagian tengah-timur Kalimantan.

3 dari 5 halaman

2. Panda Merah

Bayi Panda Merah Lahir di Woodland Park Zoo
Bayi kembar panda merah, Zeya (kanan) dan saudaranya, Ila (tengah) bersama sang induk, Hazel, bertengger di atas pohon di kandang sementara mereka selama pratinjau media hewan-hewan di Woodland Park Zoo, Seattle, Rabu (14/11). (AP /Elaine Thompson)

Jika Anda bermain di Pegunungan Himalaya dan bertemu dengan makhluk lucu, jangan asal memanggil dan memeluknya. Bisa jadi Anda tengah menemui panda merah alias 'firefox'.

Meskipun imut dan terlihat jinak, panda merah adalah predator yang ganas. Mereka diketahui dapat melahap hewan yang jauh lebih besar dari ukurannya yang berkisar 65 sentimeter.

Panda merah dapat menghabisi mangsa berbekal gigi dan cakar tajam yang dapat menembus daging.

4 dari 5 halaman

3. Katak Dart Beracun Emas

Ilustrasi Katak Dart (AFP Photo)
Ilustrasi Katak Dart (AFP Photo)

Katak Dart adalah sebuah amfibi cantik yang hidup di Kolombia. Meskipun terlihat jinak dan cantik, katak ini dapat mengeluarkan racun dari kulitnya.

Hanya satu sentuhan atau gigitan katak panah racun emas akan menyebabkan kematian cepat. Sekali racun dikeluarkan oleh katak Dart, disinyalir dapat membunuh hingga 10 orang.

Meskipun berbahaya, jangan pernah berfikir untuk menghabisi hewan ini. Pasalnya, katak dart tengah terancam kepunahan.

5 dari 5 halaman

4. Koala

Ilustrasi Koala (iStock)
Ilustrasi Koala (iStock)

Siapa yang tidak kenal koala? Binatang menggemaskan ini sangat sering dijadikan boneka. Bahkan fotonya sering kali dijadikan latar belakang ponsel atau komputer.

Meskipun terkenal, tidak banyak orang yang tahu bahwa koala dewasa --yang memiliki berat 9-14 kilogram-- memiliki cakar yang tajam dan panjang. Begitu pula gigi dan rahang koala yang sangat kuat.

Mereka diketahui akan bergerak cepat dan menyerang orang atau anjing jika merasa terpojok atau terancam.

Lanjutkan Membaca ↓