4 Bukti Ini Menunjukkan Betapa Menakjubkannya Organ Tubuh Manusia

Oleh Afra Augesti pada 01 Mar 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 03 Mar 2019, 20:13 WIB
20160205-Kanker Paru Paru-iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda berpikir bahwa organ internal manusia hanya mampu bernapas, bergerak, dan mengolah makanan, maka pendapat Anda sepenuhnya salah.

Misalnya, apakah Anda tahu bahwa asam lambung manusia cukup kuat untuk melarutkan beberapa logam? Bukan itu saja, setiap organ tubuh memiliki kekuatan supernya sendiri.

Berikut 4 bukti yang menunjukkan bahwa organ tubuh manusia benar-benar mengesankan, seperti dikutip dari Bright Side, Jumat (1/3/2019):

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 of 5

1. Jantung

Ilustrasi jantung (iStock)
Jika keluarga memiliki riwayat penyakit jantung, perlu memperhatikan beberapa hal. (iStock)

Jantung menciptakan tekanan yang cukup untuk meledakkan darah setinggi 30 kaki, yang hampir setinggi rata-rata bangunan 3 lantai. Rata-rata, jantung wanita berdetak lebih cepat dari jantung pria.

Setiap hari, organ ini memompa sekitar 2.000 galon darah. Bayangkan saja, dalam setahun, jantung mampu menghasilkan lebih dari 700.000 galon darah meski besarnya hanya seukuran kepalan tangan masing-masing pemiliknya.

3 of 5

2. Hati

Efek samping transplantasi hati
Ilustrasi hati | Via: istimewa

Organ yang paling berat tugasnya adalah hati. Ada lebih dari 100 pekerjaan kecil berbeda yang dilakukan oleh organ ini. Hati dapat menangani kerusakan yang sangat parah.

Pada dasarnya, hati dapat sembuh kembali dengan sendirinya, meski membutuhkan 25% dari jaringan asli. Sementara itu, orang Yunani kuno percaya bahwa hati menyimpan semua emosi yang ada pada manusia.

4 of 5

3. Ginjal

Ilustrasi Ginjal
Ilustrasi Ginjal (iStockphoto)

Fungsi utama ginjal adalah memurnikan darah dari produk limbah. Agar berhasil, setiap ginjal individu memiliki setidaknya satu juta hingga 2 juta filter (penyaring) kecil khusus, yang disebut nefron.

Meski memiliki 2 ginjal, namun satu ginjal saja sudah bisa melakukan pekerjaannya dengan baik. Jika seorang anak dilahirkan dengan hanya satu ginjal, maka ketika tumbuh besar, bobot satu ginjal itu akan seberat gabungan dari 2 ginjal manusia normal.

5 of 5

4. Otak

Ilustrasi Otak
Ilustrasi Otak (iStockPhoto)

Otak mungkin satu-satunya organ yang fungsinya masih sedikit misteri. Otak berisi sekitar 100 miliar neuron dan tidak memiliki reseptor rasa sakit, dengan kata lain, ia dapat menafsirkan sinyal rasa sakit, tetapi tidak dapat merasakan sakit.

Otak memiliki memori sekitar 100 terabyte yang menjadikannya bak komputer berkekuatan super. Sayangnya, pendapat bahwa manusia hanya menggunakan sebagian kecil dari kemampuannya, hanyalah mitos.

Manusia tak pernah lepas dari penggunaan otak, bahkan sekalipun ketika kita tidur, sekitar 10% otak kita masih bekerja.

Lanjutkan Membaca ↓