12 Negara dengan Jumlah Zona Waktu Terbanyak, Indonesia Posisi Berapa?

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 28 Feb 2019, 20:10 WIB
Diperbarui 02 Mar 2019, 19:13 WIB
Waktu tidur (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Pembagian zona waktu Bumi pertama kali diusulkan oleh Sanford Fleming yang membaginya menjadi 24 zona waktu.

Alasan pembagian waktu itu sendiri didasari oleh perputaran Bumi pada porosnya selama 24 jam. Di dunia ini, ada sejumlah negara yang menggunakannya.

Akibat berbagai faktor -- alasan geografis -- ada beberapa negara yang terbagi menjadi beberapa zona waktu.

Seperti dikutip dari laman worldatlas.com, Kamis (28/2/2019), berikut 12 negara dengan zona waktu terbanyak di dunia:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 6

1. Prancis

Ilustrasi bendera Prancis (AFP/Eric Feferberg)
Ilustrasi bendera Prancis (AFP/Eric Feferberg)

Prancis punya perbedaan zona waktu paling banyak di dunia? Bagaimana bisa? Sebagian orang berpikir Prancis tidak terlalu besar tetapi mengapa punya perbedaan waktu.

Rupanya hal ini karena Prancis masih punya wilayah di seberang lautan seperti Polinesia Prancis di Pasifik, New Kaledonia dan lain sebagainya.

Tak main-main, mereka memiliki 12 perbedaan waktu.

 

3 of 6

2. Amerika Serikat

Ilustrasi bendera Amerika Serikat (AFP Photo)
Ilustrasi bendera Amerika Serikat (AFP Photo)

Amerika Serikat dan wilayahnya dibagi menjadi sembilan zona waktu standar menurut hukum. Namun, ada dua zona waktu tambahan, tetapi juga tidak resmi.

Hal ini juga karena wilayah AS yang banyak di berbagai belahan dunia. Ada Hawaii di Pasifik, Alaska di barat Kanada, Samoa Amerika dan lain sebagainya.

 

4 of 6

3. Rusia

Ilustrasi Rusia dan Bendera Rusia (AP PHOTO/Alexander Zemlianichenko)
Ilustrasi Rusia dan Bendera Rusia (AP PHOTO/Alexander Zemlianichenko)

Rusia memiliki 11 zona waktu mulai dari UTC + 02: 00 hingga UTC + 12: 00. Namun, DST tidak digunakan di negara ini.

Zona waktu ini termasuk Kaliningrad, Moskow, Samara, Yekaterinburg, Omsk, Krasnoyarsk, Irkutsk, Yakutsk, Vladivostok, Magadan, dan Kamchatka.

Perbatasan zona waktu ini didirikan pada tahun 1992 oleh pemerintah Federasi Rusia ketika membagi negara menjadi wilayah menyusul pembubaran Uni Soviet.

 

5 of 6

4. Antartika

Air Terjun Niagara Membeku
Es dan air mengalir di tepi Horseshoe Falls dari Air Terjun Niagara di Ontario, Kamis (31/1). Saat AS dilanda suhu yang lebih dingin dari Antartika, temperatur di Kanada juga menurun menjadi minus 18 derajat Celcius (Tara Walton/The Canadian Press via AP)

Walau bukan masuk kategori negara, wilayah ini memiliki zona waktu yang banyak. 10 zona waktu di benua paling selatan di Bumi ini.

Zona waktu di Antartika digunakan oleh negara yang mengklaim beberapa bagian benua ini seperti Chile dan Argentina selain itu juga digunakan oleh negara yang meneliti di sana.

 

6 of 6

5. Negara Selanjutnya dan Posisi Indonesia

Ilustrasi bendera Indonesia
Ilustrasi bendera Indonesia (Sumber: Pixabay)

Posisi kelima diisi oleh Inggris. Negara yang terletak di Eropa ini mempunyai sembilan zona waktu. Hal ini bisa terjadi karena banyak wilayah Inggris yang letaknya berjauhan bahkan di luar Eropa. Posisi keenam adalah Australia (86) zona waktu).

Posisi ketujuh adalah Kanada (6), Posisi kedelapan adalah Denmark (5). Posisi kesembilan adalah Selandia Baru (5). Posisi kesepuluh adalah Brasil (4). Posisi kesebelas adalah Meksiko (4). dan posisi Indonesia keduabelas (3).

Indonesia terbagi atas tiga, yaitu Indonesia Bagian Barat (WIB) Indonesia Bagian Tengah (WITA) Indonesia Bagian Timur (WIT).

- WIB : Kepulauan Sumatera, Kepulauan Jawa dan Sebagian Kalimantan (Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah)

- WITA : Sebagian Kalimantan (Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara), Kepulauan Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

- WIT : Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait