Sukses

5 Perubahan pada Tubuh Jika Anda Minum Alkohol 28 Hari Tanpa Henti

Ada perubahan pada tubuh yang terlihat, mulai dari bentuk hingga penampakan pada raut wajah. Bahkan, warna gigi Anda juga akan sangat berubah jika konsumsi alkohol.

Liputan6.com, Jakarta - Alkohol memiliki efek yang sangat membahayakan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, apalagi rutin. Jika hal ini terus berlangsung, maka kesehatan Anda akan terjadi. Beberapa orang memang suka minum alkohol, namun tidak terlalu banyak.

Ada sebuah studi yang mengatakan jika alkohol memang punya efek bagus bagi jantung, hanya bila dikonsumsi tidak berlebihan. Lalu, apa jadinya jika minuman ini dikonsumsi selama 28 hari?

Ada perubahan pada tubuh yang terlihat, mulai dari bentuk hingga penampakan pada raut wajah. Bahkan, warna gigi Anda juga akan sangat berubah.

Seperti dikutip dari laman brightside.me, Kamis (28/2/2019), berikut 5 efek apabila Anda mengonsumsi alkohol selama 28 hari berturut-turut:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tubuh Menjadi Gemuk

Pecandu alkohol, atau mereka yang tak bisa lepas dari minuman tersebut akan mengalami penambahan berat badan. Hal ini terjadi lantaran keinginan untuk mengonsumsi makanan manis lebih tinggi usai minum alkohol.

Dan ketika mereka berhenti minum, mereka secara naluriah ingin membuat tangan mereka sibuk, biasanya dengan makanan. 

Studi menunjukkan, asupan alkohol yang terlalu banyak dapat meningkatkan faktor risiko obesitas. Karena, alkohol merupakan sumber kalori yang sangat tinggi.

Terkadang, ketika mengonsumsi alkohol, orang tidak mengurangi asupan makanan. Ini karena alkohol dapat mendorong Anda untuk makan lebih banyak.

3 dari 6 halaman

2. Kualitas Tidur Buruk

Jika selama 28 hari Anda minum alkohol tanpa henti, maka kualitas tidur mu juga akan terganggu. Walaupun alkohol dapat membuat Anda tertidur lebih cepat, alkohol menurunkan kualitas tidur Anda.

Dalam beberapa kasus, orang mungkin mengalami sakit kepala, yang merupakan sinyal dari perubahan besar dalam tubuh karena detoksifikasi dari alkohol.

Ini dapat mempengaruhi hati atau bahkan menyebabkan tekanan darah tinggi. Pada tahap berhenti minum alkohol ini, tubuh Anda bahkan mungkin mengalami efek sebaliknya.

 

4 dari 6 halaman

3. Mata Panda

Raut wajahmu akan terlihat lelah dan muncul mata panda -- lingkar hitam di area mata. Ini karena sistem kemih tidak berfungsi dengan baik.

Wajah mu juga akan selalu terlihat seperti orang sedang sakit dan tidak bertenaga. Hari-hari pun juga akan terasa suram hingga melelahkan.

 

5 dari 6 halaman

4. Gigi Kuning

Perubahan lain yang terlihat adalah menguningnya gigi akibat efek alkohol yang ditenggak. Minuman jenis tersebut mengurangi produksi air liur yang mempengaruhi kondisi gigi.

Perubahan itu juga akan diperparah apabila Anda merupakan perokok berat. Nikotil pada kandungan rokok juga akan membuat gigi jauh lebih kuning. 

6 dari 6 halaman

5. Kulit Tidak Cerah

Perubahan warna kulit juga akan terlihat. Kulit yang sebelumnya cerah akan menjadi kusam dan terlihat seperti kekurangan darah.

Jerawat dan iritasi mulai muncul di wajah. Pigmen atau bintik-bintik juga muncul di bagian pipi hingga dahi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.