Sukses

Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un Berakhir Tanpa Hasil

KTT kedua antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berakhir tanpa hasil. Akankah ada pertemuan mereka jilid tiga?

Liputan6.com, Hanoi - Pertemuan kedua antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berakhir lebih cepat dari jadwal.

Setelah melakukan santap siang bersama di Le Club, salah satu restoran di Sofitel Legend Metropole Hanoi, kedua pemimpin negara kembali ke masing-masing hotel tempat mereka menginap, tanpa ada konfirmasi apapun.

Dikutip dari CNN pada Kamis (28/2/2019), pihak Gedung Putih mengatakan Donald Trump akan melakukan konferensi pers terkait KTT itu di hotel tempatnya menginap di JW Marriott Hanoi, pada pukul 14.00 waktu setempat.

Namun, mendadak Gedung Putih mengabarkan bahwa tidak ada kesepakatan bersama dicapai antara Donald Trump dan Kim Jong-un.

"Tidak ada kesepakatan yang dicapai saat ini, tetapi masing-masing delegasi berharap untuk kembali bertemu di masa depan," tulis juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, dalam sebuah pernyataan resmi.

Sanders menambahkan "Presiden Donald Trump dari Amerika Serikat dan Ketua Kim Jong-un dari Komisi Urusan Negara Republik Demokratik Rakyat Korea, mengadakan pertemuan yang sangat baik dan konstruktif di Hanoi, Vietnam, pada 27-28 Februari, 2019."

"Kedua pemimpin membahas berbagai cara untuk memajukan konsepsi nuklir dan ekonomi yang berkesinambungan," lanjutnya.

Akankah ada pertemuan Kim Jong-un dan Donald Trump jilid tiga?

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkaitan dengan Kesenjangan Harapan

Sementara itu, mantan juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, yang juga analis politik CNN, John Kirby mengatakan: "Perundingan harus dipecah pada beberapa titik."

Kirby menambahkan bahwa keputusan akhir KTT berkaitan dengan kesenjangan harapan yang sangat besar di kedua belah pihak.

"Di satu sisi, itu jelas mengecewakan karena akan mendorong semua orang bergerak maju dengan kerangka kerja yang kecil untuk negosiasi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.