Sukses

Indonesia Diprediksi Akan Kekurangan SDM Berkualitas, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Pendidikan merupakan investasi jangka panjang dan utama untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta Pendidikan merupakan investasi jangka panjang dan utama untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Dengan begitu, pendidikan mampu membentuk kreativitas, kepemimpinan, kemampuan beradaptasi, serta kemampuan pemecahan masalah.

Berdasarkan studi Talent Crunch yang dilakukan oleh Korn Ferry pada 2016, Indonesia diprediksi akan mengalami defisit SDM lulusan universitas yang dinilai siap dan kompeten menghadapi tuntutan dunia kerja.

Kekurangan sumber daya ini mencapai 1,3 juta pada tahun 2020, dan semakin besar pada tahun 2030 dimana defisit akan mencapai 3,8 juta (29,9% dari total angkatan kerja lulusan universitas).

Fakta lain dari Koalisi Perempuan Indonesia, sekitar 5 juta penduduk Indonesia masih buta huruf, dan yang menyedihkan, sebagian besar mereka adalah perempuan. Salah satu langkah preventif yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan taraf pendidikan masyarakat Indonesia. Diperlukan adanya kesadaran penuh terkait pendidikan dari setiap sektor.

Namun, acap kali kebutuhan finansial menjadi jurang yang menghalangi para perempuan mengenyam pendidikan perguruan tinggi. Maka dari itu, salah satu solusi agar pendidikan bukan halangan ialah melalui beasiswa.  

Merujuk hal tersebut, demi memajukan pendidikan di Indonesia, Fair & Lovely menyelenggarakan program 'Fair & Lovely Bintang Beasiswa' demi memajukan pendidikan Indonesia, khususnya bagi para perempuan.

Beasiswa dengan Bimbingan Karaker

Program Fair & Lovely Bintang Beasiswa bekerja sama dengan Hoshizora Foundation kembali memberikan Beasiswa Kuliah untuk 50 wanita muda Indonesia dan menyiapkan para penerima beasiswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja dan berkontribusi di masa mendatang melalui pendampingan karakter setiap tahunnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan penerima Beasiswa bukan hanya berprestasi, naum juga berkompeten dalam menghadapi tantangan dunia kerja di masa mendatang.

Pendaftarannya mudah, klik www.voteuntukimpianku.com lalu registrasi pada halaman tersebut. Setelah registrasi kamu akan mendapatkan link via email untuk informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa tersebut.

Bagi kamu yang terpilih, akan mendapatkan pendampingan berkala selama empat tahun yang meliputi pembangunan karakter, berpikiran kritis dan berkontribusi pada komunitas, perencanaan karier, serta kesiapan berkarier.

Kamu juga bisa mempersiapkan dirimu mengikuti tes masuk kuliah dengan membeli Fair & Lovely Edisi Khusus dan menukarkan kode unik di dalam kemasan dengan akses ruangbelajar gratis di Ruangguru. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik tautan ini.

Yuk, raih mimpi kamu bersama  'Fair & Lovely Bintang Beasiswa'

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.