Sukses

Menanti Buah KTT Jilid 2 Donald Trump dan Kim Jong-un di Vietnam

Apa yang akan dihasilkan dari pertemuan antara Donald Trump dan Kim Jong-un jilid 2 ini di Vietnam?

Liputan6.com, Hanoi - Pertemuan jilid dua antara pemimpin Amerika dan Korea Utara, Donald Trump dan Kim Jong-un di Vietnam tinggal hitungan jam. Kedua orang nomor satu di negaranya itu sudah tiba di Hanoi sehari sebelum jadwal bertemu pada 27 Februari 2019.

Trump mendarat Selasa 26 Februari 2019 malam, setelah terbang bersama Air Force One dari Washington. Sementara Kim Jong-un tiba lebih awal, menempuh perjalanan kereta api selama dua setengah hari dari Pyongyang.

"Terima kasih untuk semua orang atas sambutan yang luar biasa di Hanoi. Kerumunan yang luar biasa, dan begitu banyak cinta!" twit Trump setelah mencapai hotelnya di Hanoi dari bandara seperti dikutip dari Channel News, Rabu (27/2/2019).

Sebelumnya, Kim juga mendapat sambutan serupa dari penduduk setempat yang bersemangat ketika ia mengunjungi kedutaan Korea Utara di bawah pengamanan ketat.

Diplomasi internasional atas kedatangan mereka disambut gembira oleh kerumunan penonton yang bersemangat dan melambai-lambaikan bendera di seluruh ibu kota Vietnam.

"Trump adalah seseorang yang memiliki karakter kuat. Kata-katanya diikuti oleh tindakan," kata seorang warga Hanoi, Le Dinh Hung, yang membawa lukisan Trump yang ingin dia berikan kepadanya.

Presiden AS berharap pertemuan ini mampu mendorong pemimpin Korea Utara yang tertutup lebih akrab untuk mencapai kesepakatan mengenai persenjataan nuklir. Tetapi banyak agenda dari jadwal mereka masih diselimuti misteri, sementara pertemuan puncak tersebut didahului oleh sejumlah negosiasi awal.

Menurut pemberitaan yang beredar, pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un dimulai dengan percakapan singkat diikuti dengan makan malam pada hari Rabu. Kemudian mereka akan melanjutkan pembicaraan lebih lanjut pada hari Kamis, membangun kelanjutan pertemuan pertamanya di Singapura Juni lalu.

Pertemuan pertama itu membuahkan pernyataan samar-samar soal janji "menuju denuklirisasi penuh di semenanjung Korea". Kali ini Trump khususnya menghadapi tekanan untuk memberikan hasil nyata terkait hal tersebut.

Kendati demikian sisi positifnya, sekitar setahun Korea Utara tak mengguncang tetangganya dengan uji coba roket dan nuklir.

Tetapi negara yang terisolasi itu tidak melakukan apa pun untuk mengembalikan persenjataan yang telah dibangunnya, dan penasihat intelijen Trump sendiri mengatakan Kim tetap bertekad untuk mempertahankan satu senjata yang ia yakini dapat menjamin kelangsungan rezimnya.

Dan ketika Trump meninggalkan Singapura dengan mengklaim bahwa Korea Utara "tidak lagi menjadi ancaman nuklir", para analis menampik hal itu sebagai "benar-benar salah" dan Pyongyang diyakini telah menghabiskan waktu campur tangan dengan diam-diam memperluas kemampuannya.

Kali ini sang Presiden AS, yang meninggalkan gelombang pasang masalah hukum dan politik di Washington, berharap ia dapat membuahkan hasil baik dari KTT di Vietnam.

'Cemooh Berakhir Cinta'

Jauh sebelum pertemuan pertama Trump dan Jong-un, keduanya kerap saling mencemooh. Sang pemimpin Korut pernah disebut sebagai rocket man dan dibalas dengan "dotard". Sekarang pemimpin AS itu malah berbicara tentang "cinta" di antara mereka.

Dan menjelang pertemuan puncak Donald Trump menyarankan bahwa jika Utara menyerahkan senjata nuklirnya, itu dapat mengubahnya dari negara benteng yang terisolasi menjadi harimau ekonomi Asia - seperti Vietnam, negara komunis yang merangkul kapitalisme dan mengubur konfrontasinya dengan Amerika Serikat.

Tetapi Korea Utara dinilai sebagai negara dengan investasi paling rendah di dunia oleh perusahaan penilaian risiko global Verisk Maplecroft.

"Dengan denuklirisasi penuh, Korea Utara akan dengan cepat menjadi kekuatan ekonomi," twit Trump. "Tanpa itu, lebih dari itu sama saja."

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Donald Trump di Tengah Ambisi Nuklir Korut, Siapa Kuat?

Para pengkritik Trump mengatakan dia sangat ingin berurusan dengan Kim Jong-un sehingga bisa mewujudkan banyak keinginannya untuk menjadi berita utama, meski membahayakan sekutu lamanya Korea Selatan dan Jepang. Seperti saat di Singapura, ketika Trump mengejutkan para jenderalnya dengan mengumumkan penangguhan latihan militer dengan Korea Selatan - sesuatu yang sangat diinginkan Korea Utara.

Tetapi para analis mengatakan hal demikian tak bisa lagi diterapkan oleh Donald Trump.

"Jendela untuk kemajuan diplomatik dengan Korea Utara tetap tidak akan terbuka tanpa batas. KTT kedua ... harus menekankan substansi lebih dari sekadar pamer," kata Kelsey Davenport dari Asosiasi Kontrol Senjata.

Bagi Washington, KTT ini idealnya termasuk membuat Kim membongkar fasilitas nuklir utama di Yongbyon, mengizinkan para inspektur internasional datang, atau bahkan menyerahkan daftar lengkap semua aset nuklir negara itu - sesuatu yang secara tegas ditolak oleh warga Korea Utara.

Sebagai imbalannya, Trump diyakini mempertimbangkan bantuan dari sanksi internasional yang tangguh. Pembukaan kantor penghubung diplomatik adalah kemungkinan konsesi AS lainnya.

Dan Trump dapat melangkah lebih jauh dengan membuat pernyataan simbolis yang sangat besar bahwa Perang Korea 1950-53 berakhir, setelah permusuhan berakhir dengan gencatan senjata tetapi tidak ada perjanjian damai.

Namun, setiap langkah potensial penuh dengan bahaya.

Korea Utara telah terbukti selama bertahun-tahun ahli dalam merangkul presiden Amerika sambil terus mengejar ambisi nuklirnya.

Dan Trump yang jarang dikendalikan tampaknya meremehkan perkiraan itu sebelum ia terbang ke Vietnam, menekankan bahwa penangguhan uji coba rudal dan nuklir yang berkelanjutan adalah yang paling penting, dan menunjukkan bahwa diperlukan lebih banyak KTT untuk mencapai hasil maksimal.

"Aku tidak ingin memburu siapa pun. Aku hanya tidak ingin menguji," kata Trump pada akhir pekan. "Selama tidak ada pengujian, kami senang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.