Sukses

27-2-2015: Saat 4 Peluru Merenggut Nyawa Pengkritik Vladimir Putin

Pria yang biasa jadi pengkritik Presiden Rusia Vladimir Putin tersebut tengah berjalan di jembatan dengan seorang wanita Ukraina tatkala timah panas meghunjam tubuh bagian bagian belakang.

Liputan6.com, Moskow - Dor! Dor! Dor! Dor! Suara empat kali letusan tembakan itu menjadi saksi bisu saat nyawa pengkritik Presiden Rusia Vladimir Putin terenggut akibat timah panas yang dialamatkan oleh sosok misterius kepadanya.

Saat itu, pria yang biasa mengkritik Presiden Rusia tersebut tengah berjalan di jembatan dengan seorang wanita Ukraina, seperti dikutip dari laman Daily Mail, Sabtu 28 Februari 2015.

Dia ditembak 4 kali dari belakang, hanya beberapa meter dari Kremlin, oleh orang tak dikenal. Namun wanita yang bersamanya diketahui selamat.

Meski sering berseberangan dengan Nemtsov, Putin mengecam penembakan mendiang mantan Wakil Perdana Menteri Rusia itu. Melalui juru bicaranya Dmitry Peskov, Putin menyampaikan dugaannya bahwa penembakan itu terencana.

Dan, kata Peskov, kemungkinan adalah upaya provokasi sehubungan dengan rencana protes besar-besaran yang bakal dilakukan oposisi di Moskow pada Minggu 1 Maret 2015 nanti.

Nemtsov menjabat Wakil Perdana Menteri Rusia sejak 1997-1998 selama masa kepresidenan Boris Yeltsin. Setelah meninggalkan parlemen pada 2003, ia membantu pembentukan beberapa partai dan kelompok oposisi di Rusia.

Politisi yang terbunuh itu selama ini dikenal sangat kritis terhadap inefisiensi pemerintah, juga soal korupsi yang merajalela, dan kebijakan Kremlin di Ukraina.

Dua tahun kemudian, pengadilan Rusia menghukum seorang pria bernama Zaur Dadayev yang terkait pembunuhan pemimpin oposisi Boris Nemtsov. Seorang mantan tentara di Chechnya itu dijatuhi sanksi bui hingga 20 tahun penjara.

Empat orang lain dari Chechnya yang jadi kaki tangannya dijatuhi hukuman antara 11 dan 19 tahun.

Pada tanggal yang sama tahun 1996 tercatat sebagai debut Game Pokemon di Nintendo Game Boy. Lalu pada 2003 sejarah mengenalnya sebagai momen saat pesawat Ryanair Penerbangan 296 terbakar di Bandar Udara London Stansted.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.