Sukses

Asal Usul Nama hingga Pemenang Terbanyak, Ini 5 Fakta Tentang Piala Oscar

Sejumlah perbedaan begitu terasa pada perhelatan Piala Oscar tahun ini, terutama dari segi penyelenggaraan, yakni tak ada pembawa acara.

Liputan6.com, Los Angeles - Ajang tahunan Piala Oscar 2019 baru saja selesai digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, pada Senin 25 Februari 2019 atau Minggu malam waktu setempat.

Sejumlah perbedaan begitu terasa pada perhelatan Piala Oscar tahun ini, terutama dari segi penyelenggaraan, yakni tak ada pembawa acara.

Sehingga, perhelatan kali ini lebih menonjolkan para presenter yang mengumumkan para pemenang dan memperkenalkan para pengisi acara.

Bagi pelaku perfilman dunia, Piala Oscar adalah ajang luar biasa dan selalu dinanti. Beberapa fakta unik soal Piala Oscar pernah tercatat, mulai dari pemenang terbanyak hingga bahan dasar pembuatan piala tersebut.

Seperti dikutip dari laman ndtv.com dan essentials.co, berikut ulasan soal 5 fakta unik tersebut:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Asal Usul Nama Oscar

Pada mulanya, piala penghargaan ini disebut sebagai Academy Award of Merit. Namun, piala itu juga populer disebut sebagai Oscar.

Dari manakah datangnya nama Oscar?

Sebenarnya, ada banyak versi tentang cerita tersebut. Namun, salah satu versi yang kerap dikaitkan berasal dari cerita versi Margaret Herrick.

Margaret Herrick diceritakan sebagai penjaga perpustakaan di lembaga Academy Award. Saat pertama kali melihat piala itu ia langsung berkomentar bahwa piala itu mirip pamannya yang bernama Oscar.

3 dari 6 halaman

2. Dilapisi Emas

Piala Oscar dibuat dari perunggu yang dilapisi emas 24 karat. Tinggi piala ini sendiri yaitu 13,5 inci (34 sentimeter) dengan berat 8,5 pon (3,8 kilogram).

Butuh waktu tiga bulan bagi Polich Tallix Fine Art Foundry di New York untuk membuat 50 patung. Lebih dari 3.140 patung telah diserahkan sejak 1929.

4 dari 6 halaman

3. Pemenang Paling Muda dan Paling Tua

Pemenang paling muda di Academy Award adalah Shirley Temple yang kala itu berusia enam tahun pada 1935. Kala itu tidak terlalu kompetitif lantaran itu kategori anak-anak.

Sementara yang harus menang secara kompetitif adalah Tatum O'neal yang berusia 10 tahun kala memenangkan kategori aktris pendukung wanita terbaik untuk film Paper Moon tahun 1974.

Sementara itu, pemenang paling tua adalah Christopher Plummer, yang berusia 82 ketika ia memenangkan Oscar pertamanya untuk aktor pendukung terbaik di Beginners pada tahun 2012.

5 dari 6 halaman

4. Oscar Pertama Hanya Berlangsung 15 Menit

Pada penyelenggaraan Oscar pertama (16 Mei 1929) hanya berlangsung selama 15 menit. Acara ini memegang rekor tersingkat.

Kala itu ada 12 kategori yang dibacakan -- kini ada 25 kategori. Pemenang Best Picture pertama adalah Wings, film bisu tentang pilot World War One yang disutradarai oleh William Wellman.

Produksi film itu memakan biaya US$ 2 juta -- jadi yang termahal pada masanya.

 

6 dari 6 halaman

5. Pemegang Rekor Kemenangan Terbanyak

Walt Disney memegang rekor pemenang terbanyak dengan memenangkan 22 piala ditambah empat patung kehormatan.

Untuk kategori individu, Katharine Hepburn memenangkan empat piala Oscar Daniel Day-Lewis adalah satu-satunya orang yang memiliki tiga Oscar aktor terbaik.

Meryl Streep memegang rekor nominasi terbanyak dalam kategori akting, dengan 21 nominasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.