Sukses

24-2-1981: Pangeran Charles dan Putri Diana Bertunangan

Buckingham Pallace mengumumkan pertunangan Pangeran Charles dan Diana Spencer. Hal ini menjawab soal rumor kedekatan keduanya pada masa itu.

Liputan6.com, London - Hari ini, tepat 38 tahun lalu, menjadi hari bersejarah bagi keluarga Kerajaan Inggris. Buckingham Pallace mengumumkan pertunangan Pangeran Charles dan Putri Diana. Hal ini menjawab rumor yang sebelumnya dipertanyakan publik terkait kelanjutan hubungan pasangan tersebut.

Seperti dimuat BBC, pada sekitar pukul 11.00 waktu setempat, salah satu penasihat di Kerajaan Inggris, Lord Maclean mengumumkan tunangan tersebut.

"Kami sangat senang mengumumkan kabar baik ini bahwa Ratu dan the Duke of Edinburg menggelar resmi pertunangan putra mereka, Pangeran Charles dengan Putri Diana, anak dari Yang Terhomat Earl Spencer dan Shand Kydd," ujar Maclean.

Pangeran Charles sebelumnya telah melamar Putri Diana tiga mingu sebelumnya, saat makan malam di Buckingham Palace sebelum Diana berangkat ke Australia. Charles meminta Diana untuk liburan ke negeri kanguru untuk mempertimbangkan jawaban, apakah ia mau menerima pinangan sang pangeran.

Namun demikian, tanpa berpikir lama, Diana menerima lamaran Charles dan memakai cincin berlian-safir yang diberikan sang pangeran.

Selama 3 minggu terakhir tersebut, Charles dan Diana merahasiakan lamaran dan pemberian cincin tersebut, hingga pada akhirnya pihak Istana mengumumkan.

Putri Diana saat itu masih berusia 19 tahun dan akan meninggalkan pekerjaanya sebagai guru taman kanak-kanak. Dia juga pindah rumah dari Kensingotn ke Clarene House hingga waktu pernikahan tiba. Setelah menikah, Charles dan Diana akan tinggal di Highgrove, Gloucestershire.

Saat diwawancara BBC, Pangeran Charles mengaku sangat bahagia karena Diana menerima lamarannya. "Bersyukur sekali, Diana juga memilih saya sebagai pendamping hidup," ujar Chales, sambil tersipu malu, dan agak grogi, tidak seperti biasanya.

Sementara itu, saat ditanya BBC apakah Diana siap menjalani perubahan drastis dalam hidupnya, karena menikah dengan seorang pangeran, ia mengaku tidak khawatir. "Bersama Charles, saya akan baik-baik saja."

Perdana Menteri saat itu, Margaret Thatcher juga turut berbahagia atas kabar pertunangan Charles dan Diana.

Pangeran dan the Lady pada akhirnya resmi menikah pada 29 Juli 1981 di Gereja Katedral St Paul, dihadiri 3.500 undangan dan disiarkan oleh seluruh televisi penjuru dunia. Sekitar 750 orang seluruh dunia heboh membicarakan pernikahan terbesar dalam Abad 20.

Charles dan Putri Diana dikarunia dua orang anak, yakni Pangeran William yang lahir pada 21 Juni 1982 dan Pangerang Harry yang lahir pada 15 September 1984.

Memasuki usia 12 tahun pernikahan, rumah tangga mereka retak. Charles dan Diana pisah rumah pada tahun 1993 dan resmi bercerai pada tahun 1996. Putri Diana meninggal pada 31 Agustus 1997 karena kecelakaan mobil.

Peristiwa lain yang juga menjadi sorotan pada 24 Februari 2008, yakni momen saat Presiden Kuba Fidel Castro pensiun setelah memerintah selama hampir 50 tahun.

Sedangkan pada 24 Februari 1920, dilaporkan sebagai awal berdirinya partai yang dikenal sebagai National Socialist German Workers' Party (NAZI) di Jerman.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.