Sukses

5 Suara yang Dikeluarkan Bayi Ini Jelaskan Maksud dan Keinginannya

Yang namanya bayi, tentu belum bisa bicara dengan jelas. Mungkin Anda bisa mengetahui maksudnya dari penjelasan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai orang dewasa, tentu kita akan sulit memahami apa yang dikatakan, diutarakan atau disampaikan oleh bayi saat menginginkan sesuatu.

Kadang, mereka hanya bisa menangis. Saat itulah orangtua atau orang dewasa kebingungan untuk melakukan apa.

Peneliti mengungkapkan bahwa ada sejumlah suara yang dikeluarkan oleh bayi. Dan suara itu mengandung makna. Mulai dari lelah hingga lapar.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Jumat (22/2/2019), berikut 5 suara yang dikeluarka bayi beserta maknanya:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Aku Lapar

Suara yang keluar dan berbunyi "Neh" pada bayi menandakan bahwa ank Anda sedang kelaparan. Anda harus segera memberinya asi atau asupan makanan lain.

Suara ini dihasilkan ketika bayi mendorong lidah mereka ke langit-langit mulut dan dipicu reaksi sambil mengisap.

 

3 dari 6 halaman

2. Aku Mau Bersendawa

Tak hanya orang dewasa, sendawa juga dialami oleh bayi. Suara ini terbentuk ketika udara berlebih mulai meninggalkan kerongkongan.

Dan, bayi mencoba untuk melepaskannya secara refleks dari mulut mereka. Ada baiknya Anda sebagai orangtua atau perawat langsung sigap menanggapi itu. Buat bayi Anda dalam posisi bangun atau duduk agar sendawanya lancar.

 

4 dari 6 halaman

3. Aku Ngantuk dan Lelah

Apabila bayi sudah mulai letih maka mereka akan mudah mengantuk. Sama seperti orang dewasa, ketika telah melakukan aktivitas padat maka akan dengan mudah tertidur.

Suara "Owh" keluar ketika bayi melipat atau menutup bibir sebelum mereka menguap. Segera ajak ia tidur sehingga bisa istirahat. Jangan sesekali diganggu atau diajak bermain.

 

5 dari 6 halaman

4. Aku Merasa Tidak Nyaman

Sensasi sentuhan yang dianggap tidak menyenangkan dapat membuat bayi mengamuk. Mereka akan menolak Anda dengan gerakan yang refleks.

Semua gerakan ini berkontribusi untuk menghasilkan suara 'Heh', terutama ketika mulut bayi sedikit terbuka.

 

6 dari 6 halaman

5. Aku Merasa Sakit pada Bagian Perut

Sejumlah makanan yang dikonsumsi terkadang membuat perut bayi terasa tidak nyaman. Terlebih ada gas di dalam perutnya.

Sehingga munculah suara "Eairh" yang menandakan bahwa ia sedang sakit perut. Saat berusaha menahan buang air besar, bayi juga akan mengeluarkan suara demikian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.