Sukses

Ini Sumpah Vladimir Putin Bila AS Meluncurkan Misil ke Eropa

Vladimir Putin mengucap sumpah jika Amerika Serikat mengerahkan misil di Eropa. Berikut ini uraiannya.

Liputan6.com, Moskow - Vladimir Putin melontarkan kecaman kepada Washington D.C. di hadapan parlemen Rusia ketika ia berpidato, Rabu, 20 Februari 2019.

Presiden Negeri Beruang Merah tersebut menjanjikan tanggapan tidak sebanding terhadap Barat dan khususnya Amerika Serikat, jika mereka memutuskan untuk mengerahkan senjata nuklir jarak menengahnya di Eropa.

Dalam serangkaian ancaman terhadap sekutu-sekutu NATO, pemimpin Rusia itu mengatakan negaranya tidak menginginkan konfrontasi, meski demikian akan menarget pusat-pusat pengambilan keputusan di Barat, jika AS tidak memperhitungkan keprihatinan Moskow.

Dalam salah satu pidatonya yang paling kontroversial yang ditujukan ke Barat dalam beberapa tahun belakangan ini, Valdimir Putin mengecam Amerika Serikat karena meninggalkan Perjanjian Pengawasan Senjata Nuklir Jarak Menengah (INF). Putin mengingatkan para pemimpin Amerika bahwa ia menentang pengerahan misil-misil jarak menengah di Eropa.

"Amerika Serikat melupakan dan dengan sengaja mengabaikan hakikat yang terpeta dalam Perjanjian Pengawasan Senjata Nuklir Jarak Menengah. Khususnya, berdasarkan kesepakatan itu, saya kutip: setiap pihak harus menghancurkan misil-misil jarak menengah dan fasilitas-fasilitas peluncurnya," tegas Putin, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (21/2/2019).

Berbicara di hadapan parlemen, yang biasa disebut Majelis Federal, dalam pidato kenegaraannya tanggal 20 Februari, presiden Rusia itu mengatakan, Moskow tidak hanya akan menarget negara-negara yang menampung senjata AS tapi juga Amerika Serikat sendiri.

"Rusia akan terpaksa membuat dan mengerahkan senjata-senjata yang diarahkan ke wilayah-wilayah yang menampung sistem-sistem misil yang mengancam kita, tapi juga ke lokasi-lokasi di mana keputusan dibuat untuk mengarahkan roket itu ke kita,” lanjutnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Moskow Adalah Pihak yang Melanggar Perjanjian INF?

Pada tanggal 2 Februari, menyusul lima tahun menghangatnya tuduhan-tuduhan AS dan sekutu-sekutu NATO-nya bahwa Moskow melanggar kesepakatan era Perang Dingin tersebut, pemerintahan Trump menyatakan mundur dari INF, pakta pengawasan senjata nuklir penting dengan Rusia.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan, "Rusia membahayakan kepentingan-kepentingan keamanan Amerika Serikat dan kami tidak lagi mematuhi kesepakatan itu jika Rusia tanpa tahu malu melanggarnya."

Washington memberi Moskow waktu enam bulan untuk mematuhi sepenuhnya perjanjian INF, dan tenggat waktunya berakhir 2 Agustus lalu.

NATO mengatakan Rusia melanggar kesepakatan itu karena mengembangkan dan mengerahkan sistem misil 9M729, yang menurut sekutu-sekutu Barat AS menciptakan resiko signifikan terhadap keamanan Eropa-Atlantik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.