5 Negara dengan Hari Libur Nasional Terbanyak, Indonesia Posisi Berapa?

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 18 Feb 2019, 20:40 WIB
Traveling Liburan Jalan-Jalan

Liputan6.com, Jakarta - Saat tahun baru tiba, salah satu aktivitas yang dilakukan oleh sebagian orang adalah melihat kalender untuk memastikan kapan libur nasional akan tiba.

Dengan perencanaan yang telah dilakukan, Anda tentunya bisa memilih kapan waktu yang tepat untuk mengambil cuti libur.

Namun, tahukah Anda bahwa ada sejumlah negara dengan jumlah libur nasional terbanyak di dunia? Liburan di negara ini biasanya didominasi oleh acara keagamaan.

Seperti dikutip dari laman Worldatlas.com, Senin (18/2/2019), berikut 5 negara dengan jumlah libur nasional terbanyak di dunia:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 of 6

1. Kamboja

Ilustrasi keluarga berlibur
Libur akhir tahun sudah di depan mata. Sudah saatnya Anda dan keluarga merencanakan liburan dari jauh-jauh hari

Dalam satu tahun, ada sekitar 28 hari libur nasional. Negara ini menjadi yang paling terbanyak dalam urusan libur bersama.

Banyak dari hari libur nasional di Kamboja dengan alasan acara keagamaan, terutama Buddha. Kalender yang digunakan di Kamboja adalah kalender tradisional Khmer, yang didasarkan pada pergerakan bulan. Namun, tahun matahari juga dipertimbangkan.

3 of 6

2. Sri Lanka

Ilustrasi keluarga
Liburan Akhir Tahun Waktunya Mencoba Tempat-Tempat Wisata Baru. Tempat Mana Saja yang Seru?

Dengan 25 hari libur, Sri Lanka menikmati jumlah waktu istirahat tertinggi kedua di dunia.

Meskipun banyak hari libur yang berkaitan dengan agama Buddha, ada juga hari libur yang berkaitan dengan Hindu, Muslim, Katolik, dan Kristen.

Perayaan Poya adalah hari peringatan di agama Buddha yang terjadi pada hari bulan purnama.

4 of 6

3. India

Ilustrasi liburan
Sensasi liburan yang paling menyenangkan memang back to nature, alias dekatkan diri dengan alam

India adalah tanah yang beragam sehingga merayakan banyak festival. Namun, tiga hari libur utama adalah Hari Kemerdekaan (15 Agustus), Hari Republik (26 Januari), dan Ulang Tahun Mahatma Gandhi (2 Oktober).

Ada banyak perayaan hari libur negara dan keagamaan seperti Diwali, Maha Shivratri, Guru Nanak Jayanti, Vaisakhi, Idul Fitri, Muharram, dan Natal. Kepatuhan terhadap beberapa hari libur bervariasi sesuai dengan kebiasaan setempat juga.

5 of 6

4. Kolombia dan Trinidad Tobago

Ilustrasi wisata keluarga
Awal tahun menjadi momen yang tepat untuk memulai hal-hal baru dan menantang. Salah satu yang bisa dilakukan adalah liburan yang memicu adrenalin. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, cukup di Jakarta saja.

Kolombia mempunyai 18 hari libur nasional dalam satu tahun. Di mana, 12 hari di antaranya adalah Hari Libur Katolik dan enam adalah Hari Libur biasa.

Selain Kolombia, Trinidad and Tobago juga memiliki hari libur nasional sebanyak 18 hari. Rata-rata juga dihabiskan untuk acara keagamaan.

6 of 6

Posisi Indonesia?

Kenapa Liburan Sering Bikin Panen Jerawat di Wajah?
Ilustrasi liburan. (Foto: unsplash.com)

Sementara itu, Indonesia berada di posisi ke-17 dengan total 14 hari libur nasional. Hari libur nasional Indonesia bervariasi.

Ada acara keagamaan ada pula hari libur kemerdekaan, Kebangkitan Nasional hingga Hari Pancasila.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by