Sukses

Tunda Kunjungan ke Indonesia, Karpet Merah Sambut Pangeran Saudi di Pakistan

Tur Pangeran Saudi berusia 33 tahun itu disebut sebagai kunjungan kenegaraan terbesar sejak Presiden China Xi Jinping pada 2015,

Liputan6.com, Jakarta - Pakistan menjadi perhentian pertama dalam tur Asia di lima negara Putra mahkota Arab Saudi. Sementara perjalanan Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) ke Indonesia dan Malaysia ditunda.

BBC melaporkan bahwa selanjutnya dia dijadwalkan untuk mengunjungi China dan India.

Tur Pangeran Saudi berusia 33 tahun itu berlangsung di tengah ketegangan yang meningkat di kawasan tersebut, setelah India menyalahkan Pakistan atas serangan paling mematikan terhadap pasukan keamanannya di Kashmir dalam beberapa dasawarsa.

Kedatangan MBS pada hari Minggu malam saat memasuki wilayah udara Pakistan dikawal jet tempur JF-17 Thunder. Karpet merah kemudian menyambut Putra Mahkota bersama PM Pakistan Imran Khan Khan dan kepala tentara Pakistan di bandara militer setempat.

Suara dentuman senjata sebanyak 21 kali terdengar, sebagai penghormatan atas kunjungan MBS.

Imran Khan kemudian secara pribadi mengantar Mohammed bin Salman ke kediaman resmi perdana menteri.

Ratusan kamar bintang lima di Islamabad diyakini telah dipesan untuk delegasi berkekuatan 1.000 orang. Bahkan ada laporan bahwa ribuan merpati telah ditangkap untuk upacara penyambutan.

Kabarnya MBS di sana juga akan dianugerahi kehormatan sipil Pakistan tertinggi sebagai penghormatan atas "gagasan reformisnya".

Kunjungan Terbesar Setelah Presiden China

Laporan Al Jazeera yang dikutip Senin (18/2/2019) menyebutkan bahwa jalan-jalan utama di Islamabad diblokir dalam rangka menyambut kedatangan Pangeran Mohammed. Sementara lebih dari 1.000 pos pemeriksaan polisi didirikan.

Masuk ke zona diplomatik dilarang saat kunjungan tersebut, dan wilayah udara di atas kota itu ditutup.

Bendera Saudi dan Pakistan terlihat dipajang di seluruh kota, di samping potret MBS dan Khan.

Selain itu, layanan telepon seluler dan internet diblokir di beberapa bagian kota. Bahkan hari Senin dinyatakan sebagai hari libur umum dan sekolah serta kantor akan ditutup.

Para pengamat mengatakan perjalanan MBS di Islamabad disebut-sebut sebagai kunjungan kenegaraan terbesar sejak Presiden China Xi Jinping pada 2015, segera setelah Beijing mengumumkan rencana untuk menginvestasikan puluhan miliar dolar pada infrastruktur di Pakistan sebagai bagian dari inisiatif global Belt and Road China.

MBS juga akan menjadi tamu pertama yang menginap di rumah perdana menteri, karena Khan telah menolak untuk menggunakan kediaman sejak berkuasa tahun lalu dalam upaya untuk menghemat uang pembayar pajak.

Selain mengadakan pembicaraan dengan Khan, yang telah mengunjungi Arab Saudi dua kali sejak menjadi perdana menteri Juli lalu, MBS diperkirakan akan bertemu dengan panglima militer Qamar Javed Bajwa dan Presiden Arif Alvi.

Pakistan berada dalam cengkeraman krisis utang besar dan sedang mencari dana talangan $ 12 miliar dari Dana Moneter Internasional, tetapi belum menandatangani kesepakatan yang datang dengan kondisi sulit.

Arab Saudi dalam beberapa bulan terakhir telah membantu menjaga perekonomian Pakistan tetap bertahan dengan menopang cadangan devisanya yang menyusut melalui pinjaman US$ 6 miliar, memberikan ruang bernafas kepada Islamabad ketika negaranya merundingkan bailout dengan Dana Moneter Internasional.

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Investasi

Al Jazeera juga menyebut bahwa dalam kunjungan MBS akan menandatangani sejumlah kesepakatan.

"Pakistan dan Arab Saudi akan menandatangani sejumlah perjanjian dan MoU terkait berbagai sektor, termasuk investasi, keuangan, kekuasaan, energi terbarukan, keamanan internal, media, budaya dan olahraga", kata kantor Kementerian Luar Negeri Pakistan.

Yang menjadi agenda utama adalah perjanjian yang akan melihat kilang minyak didirikan di pelabuhan Gwadar, Pakistan selatan, serta kemungkinan akuisisi dua pembangkit listrik utama oleh perusahaan-perusahaan Saudi, pejabat dan analis mengatakan kepada Al Jazeera.

"Proyek-proyek itu, jika terwujud, mereka akan berada dalam dua digit miliar dolar," kata Haroon Sharif, kepala Dewan Investasi pemerintah Pakistan.

Sharif menekankan bahwa perjalanan itu juga bertujuan untuk memacu investasi swasta Saudi di Pakistan, yang telah berjuang dengan krisis neraca pembayaran dan ekonomi domestik yang goyah.

"Putra mahkota juga membawa sekitar 25 pengusaha bersamanya dan orang-orang ini sekarang akan mengadakan pertemuan di sektor lain seperti pengolahan makanan, TI, sektor keuangan, konstruksi dan keramahtamahan," tambah Sharif.

"Mereka akan mengadakan pertemuan bisnis-antar-bisnis selama kunjungan dan kemudian kami akan mengadakan konferensi investor lanjutan setelah ini."

Sejak tahun lalu, ekonomi Pakistan telah berjuang untuk mendapatkan kembali momentum, dengan cadangan devisa berkurang, ekspor turun dan inflasi meningkat.

Sebelumnya pada Kamis, bank sentral Pakistan mengatakan cadangan devisa turun menjadi US$ 8,2 miliar, yang mencakup impor kurang dari dua bulan. Pakistan telah mendekati Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan China untuk pinjaman guna menutupi kesenjangan ini.

Saudi sebelumnya menjanjikan US$ 6 miliar dalam dukungan keuangan untuk Pakistan, termasuk pinjaman US$ 3 miliar dan US$ 3 miliar dalam pembayaran minyak yang ditangguhkan. Tidak jelas apakah dana yang dijanjikan itu adalah bagian dari perjanjian yang akan ditandatangani di Islamabad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.