Sukses

Panglima Muslim hingga Kaisar, Ini 10 Jenderal Terbaik di Dunia

Sejarah dunia diwarnai konflik, pertempuran terbuka, hingga perang skala massif yang menghasilkan sejumlah jenderal militer terkemuka, ini 10 yang paling hebat:

Liputan6.com, Jakarta - Keberhasilan perang tidak bisa dipisahkan dari jenderal yang jadi panglimanya. Pemimpin militer yang andal, mampu berpikir strategis dan taktis, serta mumpuni mengatur pasukan adalah kunci kemenangan di medan pertempuran.

Sejarah mencatat nama-nama sejumlah panglima atau jenderal terbaik di dunia. Situs We Are The Mighty menganalisis 3.580 perang dan 6.619 nama jenderal atau pemimpin militer paling hebat. 

Juga dipertimbangkan siapa saja komandan kunci dalam pertempuran, total prajurit yang dimiliki, dan output yang dihasilkan dari serangan militer tersebut. Dan berikut nama-nama jenderal terbesar dalam sejarah, dari urutan 10 hingga 1: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

10. Alexander Agung

Alexander the Great (Alexander Agung III) adalah raja Kekaisaran Makedonia yang berada di sebelah timur laut Yunani.

Alexander memiliki kemampuan yang sangat mumpuni dalam bidang strategi militer. Ia mengukir sejarah perang yang gilang-gemilang dalam masa hidupnya yang pendek. 

Alexander Agung meninggal dunia pada usia 33 tahun. Masih muda.

Meskipun demikian, secara statistik, Alexander dinyatakan lebih kuat dari Shogun Tokugawa dari Jepang, Erwin Rommel dari Jerman, Jenderal James Ewell Brown Stuart dari Amerika Serikat.

3 dari 11 halaman

9. Georgy Zhukov

Pemilik nama panjang Georgy Konstantinovich Zhukov ini mengabdi untuk Pasukan Merah milik Uni Soviet (Red Army). Ia telah memimpin sepuluh perang semasa hidupnya.

Zhukov yang pernah menjadi anggota politbiro Uni Soviet --sebuah biro politik setingkat eksekutif untuk negara komunis-- dianggap memiliki kemampuan taktik militer yang lebih tinggi dari Jenderal Douglas MacArthur dan John Bell Hood.

4 dari 11 halaman

8. Frederik Agung

Frederick the Great (Frederik Agung II) adalah Raja Prusia --kerajaan yang sangat bersejarah di Jerman-- dari 1749 hingga 1786.

Selama 40 tahun menjabat, yang menjadikannya sebagai Raja Prusia dengan periode terpanjang, Frederik Agung telah memenangkan 14 peperangan di daratan Eropa.

Berkat kemampuan militernya itu, Prusia menjadi negara yang kuat dan sangat terkenal pada zamannya.

5 dari 11 halaman

7. Ulysses S. Grant

Ulysses S. Grant adalah Presiden ke-18 Amerika Serikat. Selama hidupnya, ia telah memimpin pasukan dalam 16 peperangan.

Di bawah kepemimpinan Presiden Abraham Lincoln, ia pernah memenangkan perang saudara melawan kubu konfederasi. Pasukan Uni yang dipimpin Grant keluar sebagai pemenang.

Rival Grant dalam perang saudara, Robert E. Lee dianggap memiliki skor yang jauh berada di bawahnya.

6 dari 11 halaman

6. Hannibal Barca

Hannibal Barca adalah jenderal dari negara Phoenician-Canaanite, Kartago Kuno. Salah satu laga terhebatnya adalah kemenangannya dalam Perang Punic melawan tentara Romawi.

7 dari 11 halaman

5. Khalin Bin al-Walid

Khalid adalah seorang sahabat Nabi Muhammad, dan merupakan salah satu pimpinan militer paling tangguh dalam sejarah Islam.

Dia telah memenangkan 14 perang, salah satunya adalah pertempuran melawan Imperium Bizantium, Kekaisaran Sasaniyah di Persia, serta membantu menyebarkan agama Islam di Timur Tengah, termasuk penaklukan Arab selama Perang Riddah dan Persia Mesopotamia.

Dibandingkan dengan jenderal yang memimpin perang dengan jumlah sama, panglima Muslim yang bergelar "Pedang Allah" ini memiliki skor yang sangat tinggi, melebihi Frederik Agung.

8 dari 11 halaman

4. Takeda Shingen

Takada Shingen adalah pemimpin militer yang tangguh pada masa feodalime Jepang, yang juga pejabat setingkat daimyo pada zaman Sengoku. Ia telah memimpin 18 peperangan, dan bergelar "Tiger of Kai."

9 dari 11 halaman

3. Arthur Wellesley

Arthur Wellesley adalah seorang komandan Anglo-Irlandia dan pemimpin Wellington pertama. Wellesley juga telah memenangkan 18 pertempuran namun dianggap memiliki skor yang lebih tinggi dari Takeda Shingen.

10 dari 11 halaman

2. Julius Caesar

Julius Caesar adalah panglima militer sekaligus pemimpin politik di Romawi. Ia memiliki jumlah pertempuran yang lebih sedikit dari Takeda Shingen dan Arthur Wellesley.

Namun, peperangan yang dihadapinya dianggap lebih berisiko sehingga rankingnya berada di atas.

11 dari 11 halaman

1. Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte merupakan pemimpin politik Prancis dari 1804 hingga 1814, dan sangat terkenal pada masa revolusi.

Napoleon telah menjadi komandan untuk 43 pertempuran dan memiliki skor tertinggi di atas pemimpin militer yang lain.

Napoleon Bonaparte dianggap ahli strategi perang terbaik sepanjang sejarah. Ia menjadi panutan para jenderal dan panglima di zona pertempuran, bahkan hingga ratusan tahun kemudian.

Namun, pria Korsika itu melakukan setidaknya dua kesalahan fatal. Salah satunya ketika ia menggiring pasukannya, Grande Armée menyeberangi Sungai Niemen ke Rusia.

Invasi yang diharapkan berakhir dengan kemenangan besar itu justru berubah jadi malapetaka yang menewaskan 400 ribu tentaranya.

Buntut dari kekalahannya, Napoleon diasingkan ke Pulau Elba. Namun, ia berhasil melarikan diri ke Prancis pada awal 1815 dan membentuk pasukan baru yang menikmati kesuksesan sekilas sebelum kekalahan yang lebih menyakitkan di Waterloo pada bulan Juni 1815 -- yang konon tak lepas dari campur tangan alam: amuk Gunung Tambora di Sumbawa, Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini