Sukses

Fenomena Langka Kawanan Hiu Menyerbu Pantai di Israel, Ada Apa?

Sejak akhir November 2018, banyak ikan hiu terlihat di lepas pantai Israel. Apa penyebabnya?

Tel Aviv - Memasuki musim dingin, sekitar 50 sampai 100 ekor hiu masuk ke wilayah perairan dangkal di lepas pantai kota Chadera, sekitar 50 kilometer di utara Tel Aviv, Israel.

Populasi besar ikan karnivora ini sebelumnya jarang terlihat, kata peneliti kelautan Ejal Bigal, yang telah mempelajari selama empat tahun gerak-gerik hewan-hewan itu di bagian timur Laut Tengah.

Selama 100 tahun terakhir, 95 persen hiu di Laut Tengah telah dimusnahkan, kata Ejal Bigal. Lantaran mereka lebih suka berada di air dangkal dekat pantai, maka mereka lebih mudah ditangkap oleh para nelayan setempat.

Padahal, jenis hiu Carcharhinus plumbeus yang terlihat di pantai Israel tersebut termasuk jenis yang lambat berkembang biak -- rata-rata setelah 20 tahun.

Namun yang lebih lebih mengherankan adalah begitu banyak jenis hiu ini yang berkumpul di satu tempat. Fenomena tersebut pun dianggap sebagai pemandangan langka.

Tertarik berkeliaran di air hangat?

Hiu-hiu itu tampaknya tertarik oleh air hangat yang dipompa ke laut dari pembangkit listrik terdekat, kata Ejal Bigal, ilmuwan dari Universitas Haifa.

"Di tengah Jacuzzi," candanya, seperti dikutip dari DW Indonesia, Jumat (8/2/2019). Itu sebabnya banyak hiu Carcharhinus plumbeus datang ke lepas pantai Chadera.

Ejal Bigal sudah memasang sensor khusus padai 41 ikan hiu untuk memantau pergerakan mereka. Dua ekor hiu sudah ada di Chadera sejak dua tahun lalu, sedangkan yang lain adalah pendatang baru.

Ejal Bigal dan rekan-rekannya melakukan penelitian dan sudah mengumpulkan sampel darah hiu-hiu itu. Penelitian di "laboratorium di tengah-tengah alam" ini memang ideal, kata mereka.

Para peneliti bisa mengamati perilaku hewan-hewan di ini di air dangkal, tanpa harus menarik mereka keluar dari laut.

 

saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menarik Perhatian Warga Sekitar

Banyaknya populasi ikan hiu itu juga menarik para pemburu dan penyelam ke daerah terkait. Hiu-hiu ini bahkan bisa dilihat dari pantai dengan mata telanjang.

"Tidak mungkin untuk mencegah orang menonton hiu," kata Ejal Bigal. Tapi dia juga melihat ini sebagai peluang untuk mencerahkan orang perihal hiu.

Bagaimanapun, hiu sangat penting bagi ekosistem, karena mereka memakan hewan laut yang sakit dan mengendalikan populasi spesies lain.

Para ilmuwan Israel berasumsi bahwa ikan hiu akan terus berdatangan sampai bulan Mei, karena banyak makanan di tempat itu. Setelah itu, mereka akan bermigrasi kembali ke perairan yang lebih dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.