Sukses

Miris, 4 Tokoh Dunia Ini Dituduh Terlibat dalam Kasus Pelecehan Seksual

Berikut 4 tokoh ternama di dunia yang pernah dituduh terlibat dalam kasus pelecehan seksual.

Liputan6.com, New York - Hampir seluruh orang di dunia ini menyebut bahwa pelecehan seksual adalah sebuah tindakan bejat dan memalukan. Menurut KBBI, pelecehan seksual adalah pelanggaran batasan seksual orang lain atau norma perilaku seksual. 

Tak hanya berkaitan dengan perilaku fisik yang mendekati seks saja, namun juga tindakan lainnya yang secara verbal merujuk pada seks. Umumnya, yang kerap menjadi korban adalah perempuan dan anak di bawah umur.

Pelakunya pun bisa berasal dari berbagai macam kalangan, mulai dari kelas bawah hingga elite, lingkungan keluarga hingga tempat umum. Hal tersebut dikarenakan pelecehan seksual bisa terjadi di mana pun dan kapan pun, seperti transportasi publik, pasar, sekolah, kantor, maupun rumah.

Bahkan, ada banyak tokoh-tokoh ternama di dunia yang pernah dituduh melakukan pelecehan seksual. Siapa saja mereka? Berikut 4 di antaranya, seperti dikutip dari situs indystar.com, Kamis (7/2/2019).

 

Saksikan videonya berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sylvester Stallone

Pada Juni 2008, aktor laga kawakan Sylvester Stallone harus menjalani pemeriksaaan oleh pengadilan Los Angeles, Amerika Serikat. Bintang yang melejit karena perannya sebagai Rambo itu dituduh melakukan pelecehan seksual yang dilaporkan pada November 2017.

Pengaduan tersebut dibuat oleh seorang wanita yang tak pernah secara resmi diungkap identitasnya. Dia mengaku, Stallone pernah melakukan pelecehan seksual padanya pada tahun 1987 dan 1990. Namun, selama penyelidikan, lelaki yang kini berusia 72 tahun ini konsisten membantah.

Dalam keterangan dokumen kejaksaan, wanita tersebut juga mengklaim memiliki saksi mata atas insiden yang menimpanya. Namun, tak ada saksi mata yang mendukung tuduhan terhadap Stallone. Penyelidikan tambahan juga tidak berhasil memberatkan tuduhan.

Juru bicara Stallone, Martin Singer mengatakan Stallone mengakui pernah punya hubungan dengan perempuan itu ketika ia sedang membuat film di Israel pada 1987. Ketika itu, Stallone masih lajang dan pada akhirnya, ia pun dibebaskan.

3 dari 5 halaman

2. Al Franken

Mantan senator Amerika Serikat, Al Franken, dituduh melakukan pelecehan seksual kepada banyak perempuan di Kongres dan seorang pembawa acara olahraga Leeann Tweeden.

Sebelumnya, dua puluh delapan senator Amerika, termasuk 13 legislator perempuan, pada Desember 2017 menyerukan agar Franken "cabut" dari kursinya lantaran ia telah melakukan pelecehan seksual tersebut selama bertahun-tahun.

Senator Kirsten Gillibrand dari New York adalah wanita pertama yang memprakarsai tuntutan itu. Seruan Gillibrand dengan cepat diikuti para senator perempuan lain.

Lalu, pada bulan itu juga, Franken mengumumkan pengunduran dirinya di tengah-tengah badai kecaman tersebut. Sebelum menjadi bagian dari Partai Demokrat, ia berprofesi sebagai komedian, penulis dan pembawa acara radio dalam sebuah program satir 'Saturday Night Live'.

"Hari ini saya mengumumkan bahwa saya akan undur diri sebagai anggota Senat Amerika," kata Franken, yang telah mewakili Minnesota sejak 2009, ketika Kamis berbicara di ruang Senat.

4 dari 5 halaman

3. George H.W. Bush

Seorang perempuan bernama Roslyn Corrigan mengklaim bahwa mantan Presiden Amerika Serikat, George H. W. Bush telah melakukan pelecehan seksual terhadapnya.

Corrigan, yang saat itu berusia 16 tahun, berkata kepada Time bahwa ayah dari George W. Bush tersebut memegang bokongnya dan kemudian meremasnya saat melakukan sebuah sesi foto.

Corrigan bercerita bahwa kala itu, Bush yang masih hidup dan berusia 79 tahun, melakukan pelecehan seksual kepadanya di sebuah acara di kantor CIA, Texas, pada November 2003. Ayah Corrigan bekerja di sana, sehingga ia mendapatkan kesempatan bertemu Bush ketika presiden Amerika Serikat ke-41 itu berkunjung.

Bagi Corrigan, bertemu dengan seorang mantan Orang Nomor Satu Negeri Paman Sam adalah sebuah kebanggan tersendiri. Pasalnya, ia bermimpi untuk masuk ke dunia politik suatu hari nanti. Rupanya, pertemuan itu justru menyisakan pengalaman pahit baginya. 

Corrigan bukan perempuan pertama yang mengaku Bush melakukan pelecehan seksual. Sejak 24 Oktober lalu, ada lima perempuan lainnya yang mengklaim hal yang sama: memegang dan meremas pantat mereka tanpa izin.

 

5 dari 5 halaman

4. Dustin Hoffman

Skandal pelecehan seksual di industri perfilman Hollywood kini dikatakan semakin meluas. Selain Harvey Weinstein, Brett Ratner, dan Kevin Spacey, tuduhan yang sama juga dialamatkan kepada aktor senior Dustin Hoffman.

Hoffman dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap penulis Anna Graham Hunter pada 1985. Kejadian ini terjadi di lokasi syuting FTV "Death of A Salesman". Kala itu, Hunter masih berusia 17 tahun dan magang di produksi tersebut.

"Dia memintaku untuk memijat kakinya di hari pertamaku, dan kulakukan," tulisnya dalam sebuah kolom yang ia tulis di Hollywood Reporter.

Menurut pengakuan Hunter, sejak saat itu perilaku Hoffman makin parah. "Ia merayu ssecara terbuka, memegang bokongku, dan berbicara tentang seks di depanku," kata dia.

Sementara itu, Dustin Hoffman yang kini berusia 81 tahun, pada 2017, telah menanggapi artikel Hunter tersebut dengan sebuah permintaan maaf.

"Aku memiliki rasa hormat yang besar pada perempuan, dan mengaku sangat bersalah atas apa yang kulakukan padanya, karena membuatnya berada dalam situasi yang tak nyaman. Aku minta maaf. Ini bukanlah cerminan tentang diriku yang sebenarnya," tutur Dustin Hoffman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.