Sukses

Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Tak Tidur Selama Satu Hari

Apa yang terjadi pada tubuh manusia jika tidak tidur seharian?

Liputan6.com, Jakarta - Menurut studi yang dilakukan oleh American Academy of Sleep Medicine (AASM), kurang tidur dapat menurunkan gairah seks pada orang dewasa, melemahkan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan masalah berpikir, dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Ketika seseorang tidak cukup tidur, maka ia juga dapat meningkatkan risiko kanker, diabetes, dan bahkan kecelakaan ketika berkendara.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh AASM, sekitar 1 dari 3 orang dewasa di Amerika memiliki jam tidur yang kacau dan mereka tidak cukup terlelap. Lalu, selain penyakit yang sudah disebutkan di atas, adakah efek lain?

Berikut 5 hal yang terjadi pada tubuh manusia jika tidak tidur dalam waktu hanya sehari, seperti dikutip dari situs healthline.com, Rabu (6/2/2019).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tidak Bisa Berpikir

Bahkan melewatkan satu malam untuk tidur dapat menyebabkan beberapa masalah kognisi (berpikir) utama.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Experimental Brain Research, sekelompok 18 pria diberi tugas untuk dikerjakan hingga selesai.

Tugas pertama dikerjakan setelah tidur semalaman. Tugas selanjutnya dikerjakan setelah tidak tidur semalaman.

Fungsi otak, termasuk memori, pengambilan keputusan, penalaran, dan pemecahan masalah, akan memburuk, bersama dengan fungsi untuk bereaksi dan waspada.

3 dari 6 halaman

2. Gampang Lupa

Tidak tidur semalaman tidak hanya membuat Anda menjadi pribadi yang lebih pelupa, namun berdasarkan sebuah penelitian, tidak tidur semalaman berdampak pada pembelajaran dan memori dalam otak.

Peneliti menyimpulkan bahwa tidur sangat penting untuk proses konsolidasi hal-hal yang dipelajari oleh manusia di otak. Dengan kata lain, kita perlu istirahat yang tepat untuk mengunci informasi baru dan memasukkannya ke memori.

4 dari 6 halaman

3. Libido Menurun

Tidak cukup tidur bisa mengurangi gairah seks pada orang dewasa.

Dalam satu penelitian, pria muda yang tidak mendapatkan tidur berkualitas selama periode satu minggu menunjukkan penurunan kadar testosteron.

Tidur 5 jam atau kurang dari itu mampu mengurangi kadar hormon seks sebanyak 10 hingga 15 persen.

Para pria yang dilibatkan dalam riset itu juga melaporkan bahwa suasana hati dan kekuatan mereka, secara keseluruhan, menurun drastis setiap malam berturut-turut.

5 dari 6 halaman

4. Kulit yang Tak Indah

Dalam sebuah penelitian, sekelompok orang berusia antara 30 dan 50 tahun dievaluasi berdasarkan kebiasaan tidur mereka dan kondisi kulit mereka.

Hasil studi menunjukkan, mereka yang kurang tidur memiliki kerutan halus, garis-garis halus di wajah, warna kulit tidak merata, dan kulit mengendur.

Orang yang kurang tidur juga cenderung tidak puas dengan penampilan mereka, daripada rekan-rekan mereka yang cukup istirahat.

6 dari 6 halaman

5. Berat Badan Naik

Sebuah studi meneliti hubungan antara tidur dan berat badan pada 21.469 orang dewasa di atas usia 20 tahun.

Orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam, setiap malam selama studi tiga tahun, lebih cenderung bertambah bobot badannya dan akhirnya menjadi gemuk.

Sedangkan mereka yang tidur antara 7 dan 8 jam, bernasib lebih baik dari mereka yang kurang tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.