Sukses

Direnovasi, Makam Firaun Tutankhamun Kembali Berkilau

Makam mumi Tutankhamun kembali berkilau setelah direnovasi.

Liputan6.com, Luxor - Makam Tutankhamun, mumi raja muda yang dikebumikan 3.000 tahun yang lalu, kembali dibuka untuk umum setelah satu abad ditemukan.

Makam itu dibuka setelah menjalani proses renovasi yang rumit, demi memperbaiki kerusakan akibat debu, kelembapan udara dan ulah tak bertanggung jawab yang dilakukan oleh pengunjung.

Pekerjaan renovasi yang memakan waktu satu dasawarsa itu membuat makan Tutankhamun lebih berkilau dan aman.

Lukisan-lukisan rumit pada dinding-dinding dan langit-langit, juga dikembalikan ke keadaan semula, saat arkeolog Inggris, Howard Carter, pertama kali memasuki makam ini pada 1922.

Kepala Mumi yang terbungkus linen dari dinasti ke-18 Firaun Tutankhamun (1332–1323 SM) terlihat dalam kotak kaca di makam bawah tanah (KV62) di Lembah Para Raja di tepi barat sungai Nil di seberang kota Luxor di Mesir (31/1). (AFP Photo/Mohamed El-Shahed)

Renovasi berlangsung selama sepuluh tahun dan sempat tertunda pada 2011 karena pergolakan politik di Mesir --penggulingan Hosni Mubarak dari kursi kepresidenan.

Dalam proses renovasi, lantai kayu, penerangan, dan lorong-lorong dalam makan, semuanya diganti. Itu artinya, mumi Tutakhamun juga harus dipindahkan.

"Ini adalah benda yang sangat berharga. Jadi, saat itu adalah masa yang menegangkan untuk memindahkan mumi," kata Neville Agnew, direktur komunikasi Institut Konservasi Getty yang berbasis di Los Angeles, dilansir VOA Indonesia, Sabtu (2/2/2019).

"Sangat menakutkan," aku Agnew, menggambarkan proses mengangkat mumi dan peti seberat total 250 kg serta membawanya dari makam dengan tangan. Lembaga itu sendiri adalah yang memimpin pekerjaan renovasi tersebut.

Wisatawan melihat sarkofagus emas dinasti ke-18 Firaun Tutankhamun (1332–1323 SM), ditampilkan di ruang pemakamannya di makam bawah tanahnya (KV62) di Lembah Para Raja, Luxor, Mesir (31/1). (AFP Photo/Mohamed El-Shahed)

"Dua belas orang, sambil menyanyikan lagu pujian dan membopong (mumi) naik melewati jalan landai. Saya mengatakan: bila satu terpeleset, mumi itu akan jatuh dan membunuh seseorang. Mereka mengatakan: 'Jangan khawatir,'" akunya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengap

Sebelumnya, situs kuno yang berada di Lembah Para Raja (Valley of the King) itu telah menjalani renovasi beberapa kali. Tapi belum pernah dilakukan secara besar-besaran.

Pakar konservasi, arsitek, spesialis lingkungan, dan para ilmuwan memulai dengan analis selama hampir lima tahun.

Hasil menunjukkan dampak lingkungan dan kerusakan akibat tangan usil pengunjung, termasuk coretan, goresan dan barang-barang yang hilang.

Kaki Mumi Raja Tutankhamun terlihat di makam bawah tanahnya (KV62) di Lembah Para Raja, Luxor, Mesir (31/1). Makam terkenal tersebut menjalani konservasi sembilan tahun oleh tim spesialis internasional. (AFP Photo/Mohamed El-Shahed)

"Uap air yang berasal dari nafas para pengunjung mempengaruhi semuanya di dalam makam," ungkap Hussein Shaboury, profesor seni dari Univesitas Alexandria. Dia menambahkan, di dalam makam memang sulit untuk bernafas.

"Kami harus mengubah ini dan menciptakan metode agar udara segar masuk ke makam dan udara dialirkan dengan cara tertentu, agar udara di dalam makam berganti setiap 30 menit," pungkas Hussein. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.