Ternyata 5 Negara di Dunia Ini Tak Memiliki Bandara

Oleh Siti Khotimah pada 31 Jan 2019, 18:04 WIB
Diperbarui 02 Feb 2019, 17:13 WIB
Ilustrasi pesawat yang berada di dekat bendara (AFP Photo)

Liputan6.com, Jakarta Sebagaimana infrastruktur lain, bandara berperan signifikan dalam pembangunan ekonomi suatu bangsa. Maka tak heran, hampir setiap negara di dunia mempunyai pelabuhan udara. Beberapa bahkan memiliki tidak hanya satu lapangan udara.

Hal itu dilakukan untuk mempermudah mobilisasi warga negaranya dari satu daerah ke wilayah yang lain.

Tidak hanya itu, bandara juga merupakan kunci bagi pengembangan pariwisata. Mengingat, turisme telah menjadi sektor andalan yang mendatangkan devisa besar bagi suatu negara.

Meskipun demikian, ada lima negara di dunia ini yang ternyata belum memiliki bandara. Berikut ini informasinya yang dilansir dari Geo Lounge berikut.

Simak pula video berikut:

2 dari 6 halaman

1. Monako

Ilustrasi kota Monako (AFP)
Ilustrasi kota Monako (AFP)

Pemilik bendera dengan warna yang sama dengan Indonesia ini, tidak memiliki lapangan udara. Warga negaranya harus rela menempuh perjalanan ke Prancis, untuk dapat menaiki pesawat terbang. Mengingat, bandara terdekat adalah Côte d’Azur Airport di kota Nice.

Negara ini berbatasan di tiga sisi dengan Prancis, sedangkan satu sisi lainnya berbatasan dengan Laut Mediterania.

Monako diklaim sebagai negara terkecil kedua di dunia, dengan luas wilayah 2,02 kilometer persegi. Penduduknya pun tidak banyak, hanya 36.371 jiwa.

3 dari 6 halaman

2. Vatikan

Ilustrasi negara Vatikan (AFP Photo)
Ilustrasi negara Vatikan (AFP Photo)

Vatikan adalah negara terkecil di dunia, dengan luas geografis hanya 44 hektar. Populasi penduduk juga sangat sedikit, hanya 840 orang.

Negara ini sangat dekat dengan Roma, Italia. Tidak hanya bandara, Vatikan juga tidak memiliki jalan raya.

Meskipun demikian, negeri yang menjadi pusat Gereja Katolik Roma ini memiliki satu helipad. Landasan untuk helikopter itu biasa digunakan oleh Paus dan beberapa kepala negara maupun tamu kehormatan yang berkunjung.

4 dari 6 halaman

3. Andorra

Ilustrasi bendera Andorra (Wikipedia Commons)
Ilustrasi bendera Andorra (Wikipedia Commons)

Andorra adalah sebuah negara merdeka yang terletak antara Spanyol dan Portugal, tepatnya di Pegunungan Pyrenees.

Luas wilayah Andorra adalah 43 kilometer persegi, dan memiliki populasi sekitar 85.000. Meskipun tidak terlalu luas, negara ini adalah negara terbesar dalam daftar negara yang tidak memiliki bandara.

Jika ingin menumpang pesawat terbang, warga Andorra harus pergi ke bandara Barcelona–El Prat di Spanyol, atau Toulouse di Prancis. Keduanya dapat ditempuh selama tiga jam dari ibu kota.

Meskipun tidak memiliki bandara, Andorra memiliki tiga helipad yang terletak di La Massana, Arinsal, dan Escaldes-Engordany.

5 dari 6 halaman

4. San Marino

Bendera San Marino (AFP Photo)
Bendera San Marino (AFP Photo)

San Marino adalah negara yang kecil, dengan Italia mengelilingi seluruh perbatasan negaranya. Luas wilayah negara itu adalah 61 kilometer persegi, dengan populasi sebanyak 30.000.

Bandara terdekat dengan San Marino terletak di Kota Rimini, Italy, yakni Federico Fellini International Airport.

6 dari 6 halaman

5. Liechtenstein

Liechtenstein
Liechtenstein (AFP)

Liechtenstein adalah negara yang tidak memiliki laut, terletak antar Switzerland dan Austria. Penduduknya ini hanya 35.000 jiwa, yang mendiami tanah seuas 160 kilometer persegi.

St. Gallen Airport menjadi bandara paling dekat dari pusat kota Liechtenstein, dengan jarak 50 kilometer.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait