Sukses

Ngeri, Ini 7 Negara dengan Tingkat Pembunuhan Paling Tinggi di Dunia

Sejumlah negara ini menempati urutan tujuh besar dalam kategori negara dengan tingkat pembunuhan paling tinggi di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap negara di dunia memiliki permasalahan, termasuk urusan geng liar yang kian memburuk. Tak hanya itu, kasus paling mengerikan seperti pembunuhan juga jadi permasalahan suatu negara.

Sejumlah negara ini menempati urutan tujuh besar dalam kategori negara dengan tingkat pembunuhan paling tinggi di dunia.

Ada sejumlah faktor pembunuhan masih terjadi di negara tersebut. Seperti ekonomi dan perebutan kawasan kekuasaan yang melibatkan geng liar di negara tersebut.

Seperti dikutip dari laman list25.com, Rabu (30/1/2019), berikut 7 negara dengan tingkat pembunuhan paling tertinggi di dunia:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. El Salvador

El Salvador adalah negara di kawasan Amerika Tengah dan rumah bagi sekitar 6,3 juta orang.

Tingkat pembunuhan yang sangat tinggi di negara ini ditandai dengan terjadinya kejahatan terkait geng dan kenakalan remaja secara signifikan.

Pada tahun 2004, misalnya, sebanyak 60 persen dari pembunuhan yang dilakukan di Salvador dilakukan oleh geng-geng lokal yang bersaing memperebutkan kekuasaan dan wilayah.

3 dari 8 halaman

2. Honduras

Menurut laporan PBB, tingkat pembunuhan di negara ini juga terbilang tinggi. Honduras, rumah bagi sekitar 8,25 juta orang, memiliki salah satu tingkat pembunuhan tertinggi di antara semua negara di dunia.

Negara ini pernah memegang posisi teratas selama bertahun-tahun dengan tingkat pembunuhan rata-rata 86,5 persen sangat mengerikan.

Namun, beberapa tahun belakangan angka ini turun secara signifikan. Tetapi Honduras masih mengisi daftar urutan kedua.

Karena Honduras adalah tujuan liburan yang populer, turis sering dijadikan sasaran sebagai korban berbagai kejahatan dan kekerasan.

4 dari 8 halaman

3. Venezuela

Terletak di pantai utara Amerika Selatan, Venezuela telah dikenal sebagai salah satu pengekspor minyak utama dunia tetapi juga sebagai negara dengan tingkat pembunuhan yang sangat tinggi.

Tahun lalu, hanya 19 persen penduduk lokal merasa aman ketika berjalan sendirian di malam hari. Setiap tahun, lebih dari 50 orang dari 100.000 orang terbunuh di Venezuela dan jumlahnya terus meningkat selama beberapa dekade terakhir.

5 dari 8 halaman

4. Virgin Islands

Meskipun merupakan wilayah dari Amerika Serikat dan menjadi wilayah untuk pariwisata dan kapal pesiar, Kepulauan Virgin berada di peringkat teratas sebagai pulau 'paling ganas' di Karibia.

Angka pembunuhan telah meningkat setiap tahun dari 32,9 persen di 2015 dan sekarang 49,26 persen di 2018.

 

6 dari 8 halaman

5. Jamaika

Jamaika adalah perwakilan lain dari Karibia sebagai negara dengan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia.

Statistik terakhir oleh Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan telah mengonfirmasinya. Pembunuhan dan kejahatan yang sangat sering terjadi di kota-kota besar seperti Kingston, ibu kota.

 

7 dari 8 halaman

6. Lesotho

Lesotho memiliki pembunuhan yang tidak terkendali. Hampir setengah dari populasi negara itu hidup di bawah garis kemiskinan yang sebagian bertanggung jawab atas kejahatan besar dan tingkat pembunuhan tahunannya.

8 dari 8 halaman

7. Belize

Dengan luas 22.800 kilometer persegi (8.800 mil persegi) dan berpenduduk sekitar 340.000 orang, Belize adalah negara berpenduduk paling padat di Amerika Tengah.

Tetapi terlepas dari keindahan alam dan margasatwa yang menakjubkan, negara ini masih jauh dari tempat yang baik untuk hidup.

Angka pembunuhan yang sangat tinggi hampir 45 pembunuhan per 100.000 orang menjadikan Belize salah satu negara paling berbahaya di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.