Sukses

Imbas Hantaman 5 Tornado dalam Sepekan di Turki, 2 Orang Tewas

Tornado dilaporkan lima kali menghantam Turki sejak Rabu malam. Dari peristiwa tersebut, dua orang dilaporkan tewas.

Liputan6.com, Ankara - Tornado menghantam Provinsi Antalya, Turki, sejak Rabu malam 23 Januari 2019. Angin kencang tersebut terjadi setidaknya lima kali dalam satu pekan lalu.

Dari peristiwa nahas yang menerpa daerah Kumluca, Kemer, dan Finike tersebut, dua orang tewas dan belasan lainnya luka-luka.

Tornado yang terjadi pada Kamis, 24 Januari 2019, menewaskan dua orang, termasuk seorang anak laki-laki berusia 13 tahun. Demikian sebagaimana dikutip dari Daily Sabah pada Senin (28/1/2019).

Angin kencang pada Kamis itu, juga menenggelamkan lima kapal nelayan, dengan 10 kapal lainnya rusak berat. Rumah dan pertanian penduduk juga turut terdampak.

Menurut laporan Gubernur Antalya, KaraloÄŸlu, satu mahasiswi dinyatakan hilang di daerah Kuzderesi. Mahasiswi tersebut hilang sesaat setelah terperangkap di dalam mobil bersama ibunya.

Dalam sebuah video yang terekam oleh kantor berita Demiroren (DHA), terlihat seorang laki-laki terbawa arus banjir, saat menyelamatkan perempuan yang terperangkap dalam mobil. Mobil terperosok dalam sungai akibat terpaan tornado. Laki-laki yang hanyut kemudian dapat diselamatkan, dikutip dari Global News pada hari Senin.

Adapun mahasiswi tersebut hingga kini masih dinyatakan hilang.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terjadi Tornado Susulan

Tornado susulan juga dilaporkan menghantam Turki pada Sabtu, 26 Januari 2019. Hembusan angin topan mengakibatkan pesawat terbang terdampak.

Tornado yang terjadi pada Sabtu, berhasil membalikkan bus yang tengah berada di bandara. Selain itu, pesawat serta bandara rusak, dikutip dari Luchtvaart Nieuws pada Senin (28/1/2019).

"Tornado menyapu bandara dan membalikkan bus. Angin topan mengangkat udara, dan akhirnya merusak pesawat. Akibatnya, 12 orang terluka," tutur KaraloÄŸlu kepada stasiun lokal.

Menurut Menteri Lingkungan dan Urbanisasi, Murat Kurum, sebanyak 229 bangunan juga terimbas kerusakan parah, dikutip dari Daily Sabah Turkey pada Senin (28/1/2019).

Dalam sebuah video yang kemudian viral, terlihat tornado menghempas dua pesawat Boeing 737, termasuk pesawat jenis terbaru Boeing 737 MAX.

Hingga berita ini dibuat, tornado beruntun tersebut dilaporkan menewaskan dua orang, satu orang hilang, serta belasan korban lainnya luka-luka. Para korban luka-luka, saat ini telah dirawat di rumah sakit setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.