7 Hewan Ini Terancam Punah, 4 di Antaranya Ada di Indonesia

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 24 Jan 2019, 20:40 WIB
Ilustrasi orangutan (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - International Union for Conservation of Nature (IUCN) adalah organisasi tertua dan terbesar yang mengurusi masalah konservasi alam dan pemanfaatan alam yang berkelanjutan.

Ada banyak hal yang dilakukan, salah satunya adalah urusan kelestarian hewan. Saat ini, ada banyak hewan yang telah punah.

Kebanyakan penyebabnya adalah ulah manusia yang tidak menjaga hewan. Kini, ada pula daftar hewan yang masuk dalam daftar "Sangat Terancam Punah".

Ironisnya, IUCN merilis ada sejumlah hewan yang terancam punah itu berasal dari Indonesia. Seperti dikutip dari laman onekindplanet.org, Kamis (24/1/2019), berikut 7 hewan yang masuk dalam daftar terancam punah:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 8

1. Amur Leopard

Amur Leopard (AFP)
Amur Leopard (AFP)

Sejak 1996, amur leopard telah diklasifikasikan oleh IUCN sebagai hewan yang masuk dalam klasifikasi "Sangat Terancam Punah".

Diperkirakan, jumlahnya kini hanya 70 ekor. Hewan ini Diburu dan dibunuh untuk bulunya yang indah. Para pemburu juga menghancurkan habitat hewan ini.

Biasanya, habitat hewan ini ada di Korea dan juga Timur Rusia. Mereka adalah satu-satunya subspesies macan tutul yang diadaptasi untuk bertahan hidup di musim salju dan musim panas yang ekstrem.

3 of 8

2. Gorila

Gorila
Ilustrasi gorila. (iStockphoto)

Cross River Gorillas dan Mountain Gorillas keduanya diklasifikasikan sebagai Critically Endangered dan Endangered oleh IUCN sejak 1996.

Saat ini hanya ada 200-300 Gorilla Cross River yang tersisa di alam, dan 900 Mountain Gorillas.

4 of 8

3. Penyu

Zulkarnedi, Penyelamat Penyu Desa Pekik Nyaring Bengkulu
Zulkarnedi, penyelamat Penyu Laut atau Katung di Desa Pekik Nyaring Bengkulu Tengah (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Dua jenis penyu termasuk di antara spesies yang paling terancam punah di dunia: Penyu Sisik dan Penyu Belimbing dalam 100 tahun terakhir.

Penyu sisik telah kehilangan 90 persen populasinya. 80 persen di antaranya telah hilang dalam 10 tahun terakhir.

Pada 1996, IUCN mengklasifikasikannya sebagai spesies yang terancam punah. Penyu Leatherback terdaftar oleh IUCN masuk dalam kategori rentan.

5 of 8

4. Orangutan

Anak Orangutan
Anak orangutan ditempatkan di kandang ayam (Liputan6.com / Reza Efendi)

Orangutan Sumatera dan Kalimantan telah diklasifikasikan oleh IUCN dalam status "Sangat Terancam Punah". Sebab, sekitar 80 persen orangutan hilang dalam 75 tahun terakhir.

Hal ini disebabkan oleh deforestasi massal. Banyak oknum tak bertanggungjawab menebang pohon secara massal tanpa memikirkan akibatnya pada hewan, seperti orangutan.

6 of 8

5. Gajah Sumatera

Kebun Binatang Ragunan
Pengunjung melihat Gajah Sumatera di kawasan Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Selasa (26/12). Libur cuti bersama perayaan Natal 2017 dimanfaatkan warga untuk berekreasi di Kebun Binatang Ragunan Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dalam 25 tahun terakhir, gajah Sumatera telah kehilangan 70 persen habitatnya. Sama seperti ancaman kepunahan orangutan, mengurangnya jumlah gajah disebabkan oleh deforestasi.

Banyak oknum yang membakar hutan untuk dijadikan lokasi perkebunan kelapa sawit, pertanian dan pemukiman manusia.

Hal yang lebih mengerikan lagi, banyak oknum yang sengaja membunuh lalu mengambil gadingnya.

 

7 of 8

6. Harimau

Lucunya Empat Anak Harimau Sumatera di Berlin
Empat harimau Sumatra muda bersama ibunya Mayang saat berada di kandangnya di kebun binatang di Berlin, Jerman (22/11). Empat anak Harimau Sumatera ini diberi nama Oscar, Willi, Seri dan Kiara. (AP Photo/Michael Sohn)

Harimau telah lama diburu karena bulunya yang bercorak khas.

Dari sembilan subspesies harimau, tiga sudah punah, banyak yang terancam punah tetapi Harimau Tiongkok Selatan dan Harimau Sumatera yang saat ini menghadapi ancaman besar.

Tragisnya, Harimau Tiongkok Selatan diperkirakan punah di alam liar karena belum terlihat sejak tahun 1970-an.

Harimau Sumatera adalah satu-satunya subspesies harimau yang masih hidup yang berasal dari Indonesia dan pada tahun 2008 telah diklasifikasikan oleh IUCN sebagai Critically Endangered.

8 of 8

7. Badak

Badak Samson Ditemukan Mati
Foto yang dirilis 26 April 2018 menunjukkan petugas memeriksa badak jawa jantan yang ditemukan mati di Pantai Karang Panjang, Taman Nasional Ujung Kulon. Data saat ini populasi badak jawa tinggal 68 ekor terdiri dari 31 betina dan 37 jantan. (AFP Photo)

Tiga dari lima spesies dalam keluarga Rhinocerotidae, adalah di antara spesies yang paling terancam punah di dunia: Badak Hitam, Badak Jawa, dan Badak Sumatera.

Badak Jawa adalah yang paling terancam punah dengan total populasi hanya 60 ekor yang bertahan hidup di satu Taman Nasional di Jawa, Indonesia.

Badak Sumatera "Sangat Terancam Punah". Diperkirakan bahwa kurang dari 100 ekor ada di alam liar.

Badak Hitam diklasifikasikan oleh IUCN sebagai "angat Terancam Punah" dengan tiga subspesies dinyatakan punah pada tahun 2011.

Lanjutkan Membaca ↓