Sukses

Obat hingga Keringat, Ini 4 Alergi Paling Aneh yang Pernah Dialami Manusia

Lazimnya, orang-orang akan alergi pada ulat bulu atau makanan yang berasal dari laut. Namun reaksi tubuh yang satu ini berbeda terhadap sejumlah hal ini.

Liputan6.com, Jakarta - Masih-masing orang memiliki kondisi tubuh dan metabolisme yang berbeda-beda. Jenis penyakit yang dialami juga beda. Ada orang yang kuat terhadap virus, namun ada pula yang tidak.

Sama hal dengan masalah alergi yang dialami, berbeda pada setiap orang. Lazimnya, orang-orang akan alergi pada ulat bulu atau makanan yang berasal dari laut.

Namun nyatanya, alergi tak hanya disebabkan oleh hal itu saja. Bahkan, ada beberapa orang yang mengalami alergi pada hal-hal yang tak terduga.

Seperti dikutip dari laman Listverse.com, Kamis (24/1/2019), berikut empat jenis alergi paling aneh yang ternyata pernah dialami oleh manusia:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Alergi Obat

Hal yang membuat kondisi ini sangat ironis adalah ada seseorang yang alergi terhadap alergi. Ini bisa menjadi sangat menyusahkan, terutama ketika Anda mencoba untuk mengobati diri Anda sendiri.

Pada kenyataannya, seseorang ini tidak alergi terhadap obat secara keseluruhan, hanya pewarna dan bahan kimia tertentu yang digunakan di dalamnya.

Sementara reaksi terhadap obat alergi bisa sangat parah sehingga mengancam nyawa. Salah satu cara mengobatinya adalah pergi ke dokter sehingga tidak makan obat secara sembarangan.

3 dari 5 halaman

2. Alergi Keringat

Dapatkah Anda membayangkan seseorang yang mengalami alergi pada keringat mereka sendiri?

Ternyata, hal semacam ini benar-benar ada. Kondisi ini, yang dikenal sebagai urtikaria kolinergik, disebabkan oleh peningkatan suhu tubuh, yang biasanya menyebabkan keringat.

Orang dengan alergi ini bahkan dapat mengalami reaksi dari mandi air panas atau makanan pedas. Penderita cenderung hanya mengalami gatal-gatal tetapi juga dapat merasakan gejala seperti demam dan kesulitan bernapas.

 

4 dari 5 halaman

3. Alergi Buah Dan Sayuran Mentah

Selama ini kita menganggap buah dan sayur adalah makanan yang sangat aman, sehat bahkan membantu pencernaan agar lebih baik.

Namun, ada sejumlah orang yang mengalami alergi pada buah dan sayuran, terutama mentah. Orang yang menderita penyakit ini tidak dapat makan buah atau sayuran mentah, jika tidak maka tenggorokannya akan membengkak.

Alergi ini juga dikenal sebagai sindrom alergi oral, beberapa buah yang berdampak negatif mencakup pir, buah persik, aprikot, apel, kiwi, dan masih banyak lainnya.

Pada spektrum sayuran, alergi yang paling umum berasal dari seledri, wortel, peterseli, ketumbar, dan masih banyak lagi.

5 dari 5 halaman

4. Alergi Nikel (Uang Koin)

Untuk melakukan transaksi, manusia membutuhkan uang. Secara konvensional, ada dua jenis uang yaitu kertas dan koin.

Faktanya, ada beberapa orang yang mengalami alergi aneh, yaitu tak bisa memegang atau menyentuh uang koin yang biasanya terbuat dari bahan nikel.

Terkadang, efek yang ditimbulkan bisa membuat kulit melepuh dan bertahan selama berminggu-minggu. Cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan hanya menghindari kontak yang terlalu lama dengan logam, sehingga terbebas dari reaksi negatifnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.