Mengenal Ron Gastrobar Downtown, Restoran Bernuansa Indonesia di Belanda

Oleh Afra Augesti pada 24 Jan 2019, 11:01 WIB
Diperbarui 24 Jan 2019, 11:17 WIB
Bendera nasional Belanda (AFP)

Liputan6.com, Den Haag - Nama Indonesia sekiranya kian tersohor di negeri orang. Ron Gastrobar Downtown, sebuah restoran bernuansa Ibu Pertiwi, resmi dibuka di Amsterdam, Belanda, pada 19 Januari tahun ini.

Rumah makan mengusung tema "Urban Jungle" dengan mengambil sebuah ikon Indonesia, yaitu Rangda, ratu dari para leak dalam mitologi Bali. Menurut keterangan dari KBRI Den Haag, pembukaan Ron Gastrobar Downtown merupakan langkah perluasan setelah restoran Gastrobar Indonesia pertama meraih sukses besar di Amstelveen, Provinsi Noord Holland.

Restoran Ron Gastrobar di Belanda resmi dinuka pada Sabtu, 19 Januari 2019. (Liputan6.com/KBRI Den Haag)

Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, turut hadir dalam acara pembukaan kecil-kecilan (soft opening) restoran tersebut. Ia menyampaikan bahwa Ron Gastrobar Indonesia merupakan rumah makan yang menarik dan unik, dengan sajian masakan nusantara yang beraneka ragam.

Cita rasa Tanah Air kian lengkap karena dikombinasikan pula dengan nuansa modern.

Kehadiran restoran Indonesia di pusat kota Amsterdam, menurutnya, sudah dinantikan oleh pecinta kuliner Indonesia, baik masyarakat Belanda maupun WNI yang ada di Negeri Kincir Angin.

"Merupakan suatu kebanggaan bagi kami di Belanda, pada malam ini dapat menghadiri pembukaan salah satu restoran terbaik Indonesia yang ada di Belanda. Kami optimis bahwa Ron Gastrobar Downtown akan meraih kesuksesan dan mendapatkan sambutan yang besar dari seluruh pencinta kuliner Indonesia, sebagaimana restoran Ron Gastrobar pertama," Puja menjelaskan, dalam keterangan dari KBRI di Den Haag yang diterima Liputan6.com pada Rabu, 23 Januari 2019.

Restoran Ron Gastrobar di Belanda resmi dinuka pada Sabtu, 19 Januari 2019. (Liputan6.com/KBRI Den Haag)

"Hal tersebut, selain karena letaknya yang strategis, karena juga adanya berbagai terobosan dan innovasi yang ditawarkan kepada para pengunjung. Oleh sebab itu, kami mendukung pembukaan restoran Indonesia ini," imbuh Puja.

Sementara itu, Ron Blaauw, selaku pemilik Ron Gastrobar Downtown menyampaikan bahwa ide awal membuka restoran dikerenakan kecintaannya pada kuliner Indonesia.

"Di antara kelebihan restoran ini adalah, selain menyajikan masakan Indonesia yang terkenal dan lezat, juga suguhan live entertainment bagi para pengunjung, seperti kehadiran DJ, penari, dan pertunjukan lainnya," ungkap Ron Blaauw.

Restoran Ron Gastrobar di Belanda resmi dinuka pada Sabtu, 19 Januari 2019. (Liputan6.com/KBRI Den Haag)

Pendirian restoran Ron Gastrobar Downtown juga mendapat dukungan dan kerja sama dari Kementerian Pariwisata Indonesia dan KBRI di Den Haag. Kedua pihak dinilai terus mempromosikan kekayaan masakan Indonesia di Belanda.

Pada tahun 2019, Ron Gastrobar Downtown akan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia melalui pemasangan logo "Wonderful Indonesia" di area pintu masuk restoran.

 

Saksikan videonya berikut ini:

 

2 of 2

Jam Operasional dan Menu Andalan

Cara membuat sate kambing
ILustrasi sate kambing (Sumber: Pixabay)

Ron Gastrobar Downtown berada di pusat kota dan terletak di lantai atas sebuah pusat perbelanjaan. Jam operasionalnya berlaku mulai hari Selasa sampai Minggu, dari pukul 11.00 hingga 23.00 (Selasa, Rabu Kamis), 00.00 hingga 03.00 dan 11.00 hingga 03.00 (Kamis-Jumat dini hari), 11.00 hingga 00.00 (Sabtu) dan 11.00 hingga 15.00 (Minggu). Sedangkan untuk hari Senin, tutup.

Para pengunjung dapat tetap datang meski pusat perbelanjaan telah tutup, karena restoran memiliki akses masuk sendiri dan tidak bergabung jadi satu dengan pusat perbelanjaan terkait.

Selain itu, Ron Gastrobar Downtown juga berada di sebuah bangunan indah, berhiaskan kubah yang menawan dengan pemandangan cantik kota Amsterdam. Desain interior-nya dibuat dengan nuansa warna hijau dan biru.

Ron Gastrobar Downtown akan menghadirkan berbagai macam menu istimewa yang diracik secara khusus oleh Chef Agus Hermawan. Masakannya antara lain rijstafel, beragam sate, hingga street food.

Restoran Ron Gastrobar di Belanda resmi dinuka pada Sabtu, 19 Januari 2019. (Liputan6.com/KBRI Den Haag)

Sementara itu, Agus merupakan seorang pria asli Jawa. Ia belajar memasak dari ibunya.

Restoran Ron Gastrobar di Belanda resmi dinuka pada Sabtu, 19 Januari 2019. (Liputan6.com/KBRI Den Haag)

Dua puluh tahun yang lalu, Agus bermigrasi ke Belanda dan bekerja sebagai koki di negara tersebut.

Saat ini Agus ditetapkan sebagai duta masakan Indonesia di Belanda oleh Kementerian Pariwisata Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓