Sukses

Pria Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 113 Tahun

Sosok pria tertua saat ini dikabarkan meninggal dunia dalam kondisi sepuh pada usia 113 tahun.

Liputan6.com, Tokyo - Pria tertua di dunia, Masazo Nonaka, dikabarkan meninggal dunia di rumahnya di Jepang Utara pada usia 113.

Menurut keluarganya, Nonaka meninggal pada Minggu 20 Januari 2019 pagi di rumahnya di Kota Ashoro, yang terletak di pulau Hokkaido.

Dikutip dari ABC Indonesia pada Senin (21/1/2019), kepergian Nonaka disebut karena usia yang telah sepuh, bukan tentang sebab lain.

Nonaka secara resmi dinyatakan sebagai pria tertua di dunia menurut Guinness World Records pada April 2018, ketika dia berusia 112 tahun dan 259 hari.

Dilahirkan pada 25 Juli 1905, Nonaka tumbuh dalam keluarga besar, dan dia melanjutkan usaha orang tuanya menjalankan sebuah tempat penginapan, yang kini telah diwariskan ke empat generasi.

Penginapan tersebut juga menyediakan tempat permandian air panas, di mana menjadi tujuan bagi banyak warga Jepang untuk wisata relaksasi.

Tempat permandian air panas yang sudah berusia 106 tahun itu sekarang dijalankan oleh Yuko, salah seorang cucu sang pria tertua.

Dia mengatakan bahwa sang kakek terlihat tertidur biasa saat menghembuskan napas terakhir.

"Dia tidak memiiliki masalah kesehatan apapun. Dia meninggal dengan tenang dan itu sudah merupakan hal yang menggembirakan bagi kami." kata Yuko, meneruskan kabar dari dokter keluarganya.

 

Simak video pilihan berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aktif di Usia Senja

Menurut penuturan keluarganya, Nonaka diketahui gemar mengudap permen manis, dan rutin melakukan mandi air panas di tempat pemandiannya.

Selama beberapa tahun terakhir dia juga diketahui masih aktif melakukan banyak kegiatan, meski menggunakan kursi roda. Dia juga dikenal dengan gayanya yang enerjik, terutama dengan penutup kepalanya yang khas.

Seluruh tujuh saudara kandung Nonakan sudah lebih dulu meninggal, dan juga istri serta tiga dari lima anaknya.

Sementara itu, menurut Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Sosial Jepang per September 2018, ada 69.785 warga mereka yang berusia di atas 100 tahun, dengan 90 persen diantaranya adalah wanita.

Bahkan, manusia dengan usia tertua saat ini juga diketahui berasal dari Jepang. Dia adalah Kane Tanaka, seorang wanita berusia 116, yang tinggal di Pulau Fukuoka, Pulau Kyushu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • tertua