Sukses

Ciri-ciri Makhluk Hidup dan Caranya untuk Bertahan Hidup

Pengetahuan ini dulu didapatkan saat pelajaran IPA

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan pengetahuan serta pengalaman, Anda tentu dapat menentukan dengan cepat bahwa manusia, kucing, pohon, dan tanaman padi merupakan makhluk hidup.

Sebaliknya, tanah, batu, kursi, dan sepatu merupakan benda mati. Akan tetapi, tidak semua benda mudah dikelompokkan sebagai makhluk hidup atau benda mati.

Contohnya aja nih, kita sering kesulitan untuk memastikan apakah virus termasuk makhluk hidup atau benda tidak hidup.

Nah, untuk dapat menentukan apakah sebuah benda termasuk makhluk hidup atau benda tidak hidup, Anda harus mengetahui ciri-ciri benda tersebut.

Terdapat berbagai ukuran, bentuk, kebiasaan, ekosistem, dan cara hidup yang dimiliki setiap kingdom makhluk. Walaupun demikian, semua makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang membedakan dirinya dengan makhluk tidak hidup atau benda mati.

Jadi, ada apa ciri-ciri makhluk hidup? Berikut Liputan6.com, Senin (21/1/2019) akan merangkum tentang ciri-ciri makhluk hidup yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciri-ciri Makhluk Hidup

1. Bergerak

Ciri ciri makhluk hidup yang pertama, adalah dapat bergerak. Manusia dan hewan dapat bergerak bebas atau berpindah tempat. Untuk bergerak, manusia dan hewan memerlukan sarana bantu untuk bergerak yang disebut alat gerak.

Alat gerak yang digunakan manusia dan hewan berupa kaki yang digunakan untuk berlari, sirip untuk berenang, dan sayap untuk terbang.

2. Makan

Makanan dan air merupakan kebutuhan bagi semua makhluk hidup. Makanan berfungsi untuk menghasilkan energi, pertumbuhan, dan mengganti sel tubuh yang rusak. Sedangkan, air berfungsi sebagai zat pelarut di dalam tubuh.

3. Peka Terhadap Rangsangan

Ciri ciri makhluk hidup berikutnya ialah dapat bereaksi terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya. Reaksi ini timbul jika ada rangsangan dari lingkungan. Rangsangan dapat berupa cahaya, panas, dingin, bau dari gas, sentuhan, gravitasi, rasa, dan lain-lain.

Manusia dan hewan menggunakan indra untuk mengenali adanya rangsangan. Misalnya, mata untuk menangkap rangsangan cahaya, telinga untuk menangkap rangsangan getaran suara, hidung untuk menangkap rangsangan bau, kulit untuk menangkap rangsangan berupa sentuhan atau tekanan, dan lidah peka terhadap rasa zat.

4. Bernapas

Bernapas atau respirasi merupakan proses mengambil oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan gas karbon dioksida dari tubuh. Oksigen digunakan untuk mengubah zat makanan menjadi energi secara kimiawi. Energi yang dihasilkan digunakan untuk berbagai aktivitas tubuh.

5. Tumbuh

Ciri-ciri makhluk hidup lainnya adalah tumbuh. Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan, mulai dari kecil hingga menjadi besar. Bayi yang kecil waktu baru lahir, akan tumbuh menjadi remaja, dan kemudian dewasa.

Anak hewan yang semula kecil lambat laun tumbuh menjadi besar seperti induknya. Biji yang ditanam akan tumbuh menjadi kecambah dan kemudian menjadi tanaman yang lebih besar.

6. Mengeluarkan Zat Sisa

Saat melakukan aktivitas yang banyak memerlukan gerak tubuh, pasti tubuh Anda berkeringat. Demikian juga saat udara terasa panas, tubuh Anda berkeringat. Sebaliknya, saat udara dingin, Anda lebih sering buang air kecil mengeluarkan urine.

Keringat yang mengandung garam mineral dan urine itu merupakan contoh zat sisa yang dikeluarkan oleh makhluk hidup. Ada juga karbon dioksida dan uap air yang dikeluarkan sebagai zat sisa dari proses respirasi.

Pengeluaran zat sisa oleh makhluk hidup disebut dengan ekskresi. Ekskresi sangat diperlukan karena zat sisa bersifat racun, sehingga kalau tidak dikeluarkan akan mengganggu kinerja tubuh.

7. Berkembang Biak

Ciri ciri makhluk hidup ialah ia mampu berkembang biak. Semua yang masuk dalam kriteria makhluk hidup dapat berkembang biak. Tujuan dari berkembang biak adalah untuk melestarikan jenisnya.

Contohnya seperti, induk kucing yang melahirkan anak kucing. Dari individu berkembang menjadi banyak individu. Itulah yang disebut berkembang biak (reproduksi).

8. Beradaptasi

Apakah Anda pernah memperhatikan saat anjing atau kucing sedang tidur? Saat mereka menggulungkan badannya, itu menandakan apa? Apakah hewan itu menggulungkan badannya pada hari panas?

Perhatikan bahwa unta menyimpan lemak sebagai cadangan makanan di punuknya. Kaktus memiliki daun berbentuk duri untuk mengurangi penguapan air di lingkungannya yang panas.

Teratai memiliki daun yang lebar untuk mempercepat penguapan air di lingkungannya yang berair. Pohon jati akan menggugurkan daunnya pada musim kemarau untuk mengurangi penguapan.

Nah, semua contoh tersebut merupakan bukti kalau makhluk hidup dapat menyesuaikan diri atau dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Kemampuan beradaptasi membuat makhluk hidup dapat bertahan hidup di lingkungannya.

Jadi, melalui ciri ciri makhluk hidup yang telah dijabarkan di atas tadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa makhluk hidup adalah suatu organisme yang dapat mempertahankan dirinya dari berbagai perubahan lingkungan dan dapat berkembang biak untuk melestarikan jenisnya.

Nah, dari beberapa contoh yang diberikan tadi, dapat dilihat bahwa yang tergolong makhluk hidup adalah mikroorganisme seperti bakteri, tumbuhan, hewan, dan manusia.

3 dari 3 halaman

Cara Makhluk Hidup Bertahan Hidup

Setelah mengetahui ciri ciri makhluk hidup dan pengertiannya, selanjutnya akan dijelaskan tentang kebutuhan umum yang diperlukan makhluk hidup untuk bertahan hidup. Karena setiap makhluk hidup memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk bertahan hidup di lingkungannya.

1. Makanan

Makanan merupakan kebutuhan umum bagi makhluk hidup. Tanpa makanan, makhluk hidup tidak dapat melangsungkan kehidupannya.

Hal itu dikarenakan makanan merupakan sumber energi bagi makhluk hidup. Tidak hanya itu, makanan juga berfungsi sebagai energi yang bisa menghasilkan panas sehingga tubuh manusia menjadi hangat.

Tubuh hangat pada makhluk hidup berfungsi untuk menandakan jika makhluk hidup tersebut masih hidup sebab jika makhluk hidup memiliki ciri ciri makhluk hidup bertubuh dingin, tandanya makhluk hidup tersebut sudah tidak bernyawa.

Contohnya saja tubuh manusia yang masih hidup dengan manusia yang sudah mati, suhu tubuhnya akan terasa berbeda.

2. Air

Air merupakan sumber kehidupan. Tanpa air makhluk hidup akan mati. Begitupula dengan tumbuhan yang bisa hidup sendiri tanpa hewan dan manusia, tumbuhan tanpa air juga akan mati.

Fungsi air di sini untuk membantu tumbuhan dalam melakukan fotosintesis, selain itu untuk mencegah manusia dari efek buruk dehidrasi. Makhluk hidup akan mudah terkena dehidrasi jika cairan di dalam tubuh berkurang.

3. Udara

Udara yang berkualitas juga dibutuhkan oleh makhluk hidup. Fungsi udara untuk makhluk hidup yaitu akan membantu dalam sistem pernafasan manusia. Udara sangat bermanfaat bagi tubuh makhluk hidup, sebab dengan udara yang masuk ke dalam tubuh makhluk hidup peredaran darah pun akan menjadi lancar.

4. Sinar Matahari

Cahaya matahari dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Cahaya matahari dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan dalam pembuatan makanan, menghangatkan tubuh manusia dan memberikan penerangan bagi lingkungan yang ada di sekitar manusia.

5. Tempat Tinggal

Makhluk hidup membutuhkan tempat tinggal, tanpa tempat tinggal makhluk hidup akan merasakan tidak aman dan tidak nyaman.

Tempat tinggal merupakan tempat untuk kembali, tempat untuk berkumpul keluarga dan juga tempat untuk berlindung. Manusia membutuhkan tempat tinggal berupa rumah untuk melindunginya dari panas sinar matahari dan juga hujan.

Sedangkan hewan membutuhkan kandang, dan tumbuhan membutuhkan tanah yang subur sesuai dengan jenis-jenisnya.

 

Reporter: Nisa Mutia Sari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini