Sukses

4 Jurus Jitu Atasi Rasa Gugup dan Detak Jantung yang Begitu Cepat

Terkadang rasa gugup dan detak jantung yang begitu cepat sulit dihindari. Oleh karenanya, Anda bisa melakukan sejumlah hal ini.

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang rasa gugup dan detak jantung yang begitu cepat sulit dihindari. Biasanya hal ini terjadi ketika sedang ingin bertemu dengan orang yang disukai hingga persentasi di depan atasan serta wawancara kerja.

Nyatanya, rasa gugup dan detak jantung kencang ini normal terjadi pada manusia. Namun, Anda harus bisa melewatinya.

Kadang, rasa gugup yang terlalu besar bisa mengacaukan segalanya. Sehingga diperlukan sejumlah cara untuk bisa meredamnya.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Sabtu (19/1/2019) berikut 4 jurus jitu hadapi rasa gugup dan detak jantung cepat:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Manuver Valsava

Manuver Valsava adalah teknik pernapasan yang mengarah pada upaya perubahan detak jantung yang berdegup kencang.

Bagaimana cara melakukannya:

Pertama, Anda bisa menjepit hidung dengan tangan sebelah kiri. Kedua, tutup mulutmu dengan tangan kanan lalu buang dan hirup napas seolah-olah sedang menggelembungkan balon.

Meski proses ini dirasa tidak nyaman, tetapi Anda harus tetap tahan. Lakukan ini selama 10 sampai 15 menit.

 

3 dari 5 halaman

2. Gunakan Air Dingin

Metode menggunakan air dingin (air es) sangat efektif untuk merangsang saraf dan membantu mengendalikan detak jantung ke posisi normal.

Jika Anda merasakan detak jantung berdetak cepat dan tak tentu iramanya, maka ambil satu mangkuk besar air dingin dan percikan ke wajah.

Atau, Anda bisa langsung memasukan bagian wajah ke air dingin tersebut. Lakukan secara berulang maka kondisi detak jantung akan normal.

 

4 dari 5 halaman

3. Minum Air Es

Jika sebelumnya air dingin hanya dibasuk ke muka, maka teknik yang satu ini menyarankan untuk meminum air tersebut.

Ya, sangat simple. Hanya butuh minum air dingin yang nantinya langsung merangsang saraf. Pada gilirannya, air dingin akan membuat detak jantung Anda melambat dan normal.

 

5 dari 5 halaman

4. Tarik Napas Panjang

Cara yang satu ini memang simpel namun terbukti ampuh. Hanya dengan mengatur napasmu mu sendiri. Jika rasa degdegan telah melanda dan detak jantung sudah tak menentu maka tarik napas panjang.

Tahan napas ini sampai hitungan lima atau selama yang Anda bisa. Lalu buang napas secara perlahan.

Tarik napas kembali lalu buang secara perlahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.