Cakram Es Berbentuk Mirip UFO Gegerkan Warga di Kota AS Ini

Oleh Tanti Yulianingsih pada 16 Jan 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 16 Jan 2019, 21:00 WIB
Es berbentuk cakram mirip UFO. (City of Westbrook)
Perbesar
Es berbentuk cakram mirip UFO. (City of Westbrook)

Liputan6.com, Maine - Sebuah es berbentuk seperti cakram yang tampak aneh dan mirip UFO bikin gempar warga di kota Maine, Amerika Serikat baru-baru ini.

Cakram es alami itu kabarnya mulai terbentuk pada akhir pekan di Sungai Presumpscot, Westbrook, Maine. Penampakan aneh tersebut menarik perhatian, orang-orang pun berdatangan untuk menyaksikan fenomena tersebut.

"Rasanya seperti crop circle (lingkaran tanaman)," kata penduduk Doug Bertlesman kepada Portland Press Herald seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu ( 16/1/2019).

"Sangat menawan melihatnya," katanya. "Tentu saja tidak setiap hari kita bisa menyaksikan lingkaran es yang berputar di sungai."

Bertlesman memperkirakan bahwa es itu berdiameter sekitar 100 meter. Mungkin akan jadi salah satu yang terbesar dalam catatan, jika bukan yang terbesar yang pernah ada.

Menurut laporan yang pernah diterbitkan, es berbentuk cakram mirip UFO terbesar yang tercatat adalah berdiameter 160 kaki di Sungai Pite Swedia pada tahun 1987.

Es berbentuk cakram mirip UFO di Westbrook bikin geger penduduk setelah sejumlah gambar diposting di halaman Facebook resmi kota itu.

Westbrook adalah kota berpenduduk 17.500 di sebelah barat Portland. Pejabat kota berharap minat pada es disk akan mendorong bisnis ke pedagang lokal.

"Jika Anda keluar hari ini untuk memeriksanya, pastikan untuk mampir ke salah satu dari banyak restoran di pusat kota yang berdekatan," tulis kota itu di Facebook. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Komentar Warga

Es berbentuk cakram mirip UFO. (City of Westbrook)
Perbesar
Es berbentuk cakram mirip UFO. (City of Westbrook)

Komentar pada foto mengatakan bahwa itu tampak seperti 'lingkaran tanaman beku' dan bercanda bahwa itu mungkin karya 'space gremlins'.

Tina Radel selaku direktur pemasaran dan komunikasi kota yang juga merupakan operator pesawat tanpa awak berlisensi, menggunakan pesawat tanpa awak kota untuk mengambil gambar udara dari fenomena tersebut dari sisi sungai.

Cakram es yang juga dikenal sebagai lingkaran es ini sejatinya kerap muncul di Kutub Utara, Skandinavia, dan Kanada.

Fenomena ini kerap terjadi di tikungan sungai, di mana air yang melaju menciptakan gaya geser yang mampu memecah sepotong es dan memutarnya.

Saat cakram es berputar, ia mengikis es di sekitarnya - melicinkannya menjadi lingkaran yang sempurna.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait