Aliran 132 Ribu Liter Cokelat Cair Bikin Jalanan di Negara Ini Bak Sungai Mini

Oleh Rizki Akbar Hasan pada 15 Jan 2019, 18:00 WIB
Truk pembawa cokelat cair terbalik dan menumpahkan isinya di jalanan Arizona (kredit Department of Public Safety)

Liputan6.com, Arizona - Sebuah truk tanker pengangkut 132.000 liter cokelat cair terguling di jalan tol dekat Flagstaff, Arizona, pada Senin 14 Januari 2019 waktu lokal.

Tergulingnya truk itu menyebakan muatannya tumpah hingga membentuk aliran bak sungai mini nan manis di sepanjang jalan.

Kecelakaan kendaraan tunggal itu terjadi di Interstate 40, membuat beberapa jalur terhalang sementara kru menghadiri cokelat cair itu.

Tidak ada yang terluka dalam kecelakaan, tetapi proses pembersihan memakan waktu sekitar empat jam.

"Ada sungai cokelat yang menghalangi dan mengalir di jalur barat I-40 di Milepost 211, sebelah timur Flagstaff," cuit Departemen Keamanan Publik Arizona, seperti dikutip dari CNN, Selasa (15/1/2019).

"Ini akan menjadi pembersihan yang manis!"

Truk tanker itu mengangkut cokelat cair bersuhu 48 derajat celcius sebanyak sekitar 3.500 Galon AS atau sekitar 132.000 liter, menurut data muatan yang diulas.

"Sebuah gerendel yang menghubungkan truk utama dengan trailer terlepas, menyebabkan truk tanker berguling," kata Bart Graves, Spesialis Hubungan Media Arizona, kepada CNN melalui email.

"Tanker rusak berat di bagian belakang sehingga kami harus memompa cairan agar tanker yang terperosok bersama cairan cokelat itu dapat diangkat ke truk derek," kata Graves.

Cairan cokelat tersebut dapat terurai secara hayati dan pengemudi tidak dituntut untuk kecelakaan itu, menurut DPS.

 

Simak video pilihan berikut:

2 of 2

Jalanan di Jerman Ini Mendadak Dilapisi Cokelat, Ada Apa?

cokelat
ilustrasi/copyright pixabay.com

Bukan kali ini saja seketika jalanan berubah menjadi cokelat. Tahun lalu, sekitar satu ton cokelat cair mengalir keluar dari pabrik dan melapisi jalan di kota Jerman barat pada Senin 10 Desember 2018 waktu setempat.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan sebuah tangki penyimpanan meluap di pabrik cokelatDreiMeister di Westönnen, pinggiran kota Werl, lalu cairannya merembes hingga keluar gerbang dan mengeras di trotoar yang dingin.

"Sekitar satu ton cokelat habis ke halaman dan dari sana ke jalan. Sepotong choco-pancake berukuran sepuluh meter persegi," kata juru bicara Brigade Pemadam Kebakaran Werl dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari CNN kala itu.

Petugas pemadam kebakaran kemudian membersihkan cokelat, mencongkel makanan manis itu dengan sekop dan kekuatan otot. Demikian tulis Brigade Pemadam Kebakaran Werl dalam pernyataannya.

Bos DreiMeister, Markus Luckey, mengatakan kepada surat kabar Jerman, Soester Anzeigerbahwa jika tumpahan itu terjadi lebih dekat ke Natal, "akan menjadi bencana."

Luckey menambahkan bahwa pabrik akan kembali beroperasi pada Rabu waktu setempat.

Menurut koran itu, sekitar 25 petugas pemadam kebakaran ada di TKP untuk membantu pembersihan.

Sebuah perusahaan khusus dikerahkan untuk membantu membersihkan cokelat tersebut, dan Brigade Pemadam Kebakaran Werl meyakinkan penduduk setempat bahwa cokelat akan tetap ada saat Natal di kota itu.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait